Seminggu, Satgas Yonarhanud 3/YBY Terima 27 Senpi Rakitan dari Warga Halut

Sebarkan:
Warga saat menyerahkan senpi rakitan. (Kamera/Rustam Gawa)
KAMERA TOBELO - Satgas Yonarhanud 3/ Yby dalam seminggu telah menerima sebanyak 27 senjata api atau Senpi rakitan dari warga di Halmahera Utara (Halut).

Hal itu setelah dilakukan hubungan komunikasi sosial yang baik dengan masyarakat di wilayah penugasan.

Dansatgas organik Yonarhanud 3/Yby Letkol Arh Achmad Yani dalam keterangan resmi yang diterima media ini mengatakan, senpi yang diberikan warga itu setelah dilakukan komunikasi sosial di setiap wilayah.

"Kami lakukan itu untuk tetap memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat," ujarnya, Senin, 14 November 2022.
Hal yang sama kata Achmad, dilakukan Danpos Soatabaru SSK III Sertu Moh.Salehoddin dengan pendekatan di wilayah binaan sejak awal bertugas. Bahwa pada Minggu,(13/11) mendapat telepon langsung dari seorang warga desa Dokulamo berinisial IM alias Imran warga binaan pos Soatabaru meminta obat demam untuk orang tuanya.

"Setelah anggota sampai ke rumah dan memberi obat, Imran bercerita bahwa ia menyimpan pistol rakitan dan 2 buah bahan peledak (ranjau) peninggalan dari kakeknya pasca kerusuhan dulu dan menyerahkan  senjata tersebut ke anggota Satgas" jelas Dansatgas.

Kemudian, penyerahan senjata juga di terima Satgas di Desa Mamuya Kecamatan Galela Induk Halmahera Utara dari warga binaan Pos Dukono SSK III berinisial J.

"Saat perbaikan motor, J bercerita kepada Kopda Rujito (Wadanpos) bahwa ia mempunyai senjata rakitan jenis pistol dan tergugah untuk menyerahkan," sebutnya.

"Kami menghimbau kepada seluruh warga Maluku Utara yang masih menyimpan senpi maupun muhandak bisa menyerahkan kepada kami satgas Yonarhanud 3/Yby demi untuk menciptakan rasa aman," sambungnya.
Terpisah, Pasi Intel Satgas Lettu Arh Dwi Iswantoro menyebutkan,sejak Selasa, (8/11/) seorang warga Desa Kuntum Mekar Kecamatan Kao Teluk berinisial U telah menyerahkan 1 pucuk senjata rakitan laras panjang kepada Pratu Cep Duding  Pos Koki Dum-Dum SSK IV.

Kemudian, pada hari Sabtu (12/11/) di Pos 5 Tetewang SSK IV diserahkan 1 pucuk senjata rakitan laras panjang dari warga Desa Bobaneigo berinisal JH alias Jamal kepada Kopda Herman Prasetyo.

"Total penyerahan senjata rakitan, munisi dan bahan peledak sampai hari Minggu (13/11/2022) yaitu senjata rakitan 27 pucuk terdiri dari 21 pucuk laras panjang  dan 6 lucuk laras pendek, munisi campuran 41 butir serta bahan peledak sebanyak 4 buah," kata Dwi.

====
Penulis : Rustam Gawa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini