Dugaan Korupsi Pencucian Uang di Disperindag Ternate Bakal Dilaporkan ke Kejati Malut

Sebarkan:
Ilustrasi dugaan pencucian uang. (Istimewa)
KAMERA TERNATE - Dugaan Tindak Pidana Korupsi dan Pencucian Uang (TPPU) alias Money Laundring atas reribusi pasar pada Dinas Penindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate mencuat.

Isu dugaan korupsi ini bakal dilaporkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara oleh Lembaga Pengawasan dan Pemberantasan Korupsi atau LPP -Tipikor Maluku Utara.

"Karena kami  menduga  kuat  bahwa  dalam pelaksanaan  kebijakan atas pengelolaan retribusi  pelayanan pasar  diduga tidak memiliki regulasi dan  ketentuan peraturan atas pelaksanaan kebijakan pengelolaan retribusi yang dikelola oleh disperindag," tegas ketua LPP -Tipikor Malut Zainal Iliyas di Ternate, Kamis, 01 Desember 2022.

Ironisnya menurut Zainal, pengelolaan  retribusi pelayanan pasar oleh Disperindag itu kewenangannya diberikan kepada Sekretariat Dinas, bukan oleh bidang tertentu baik itu bidang  perindustrian, perdagangan maupun bidang pengendalian dan pembinaan disperindag kota ternate.

Anehnya kata dia, insentif para petugas penagi restribusi dari dinas tersebut dibayarkan oleh BP2RD dan berikan apabila petugas mencapai target. 

"Berdasarkan hasil invetigasi yang kami  laksanakan, dugaan kuat kami, retribusi pelayanan pasar diduga kuat adanya penggunaan langsung atas retribusi pasar tersebut. Kami juga meduga ada oknum ASN Disperindag yang secara sengaja dan melawan hukum, membawa pulang sejumlah dana retribusi dan menitipkan pada rekening pribadi," terangnya.

"Hal ini tentunnya bertentangan dengan regulasi pengelolaan atas pendapatan daerah yang mestinya disetorkan pada rekening Kas Daerah.Olehnya itu, dalam rangka penegakan supremasi hukum serta upaya melawan segala bentuk penyimpangan keuangan daerah khususnya atas dugaan penyimpangan keuangan dan pendapatan retribusi pelayanan pasar pemerintah daerah Kota Ternate, kami mendesak kepada Kejati segera memanggil dan memeriksa Kepala Dinas Muhlis S Djumadil, Sekretaris Dinas Nursidah DJ Mahmud, SP dan Bendahara Penerima Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Soleman. Itu berkaitan dengan dugaan dan indikasi tindak pidana korupsi serta dugaan tindak pidana pencucian uang atas retribusi pelayanan Pasar," sambungnya.

Zainal menjelaskan, sesuai ketentuan
Sebagaimana petunjuk dan rekomenasi Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) dalam rangka meminimalisir dugaan tindak pidana penyimpangan keuangan atas pendapatan Daerah, maka disarankan kepada Pemerintah Daerah Kota Ternate agar mengelola pendapatan daerah melalui satu institusi, dan Badan Pengelolaan Pendapatan & Retribusi Daerah (BP2RD) yang putuskan menjadi lembaga yang mengelola retribusi pelayanan Pasar, yang sebelumnya dilaksanakan oleh Disperindag Kota Ternate.

"Apalagi saat ini diketahui kewenangan  atas retribusi pelayanan pasar  dikembalikan kepada Disperindag Kota Ternate," tandasnya.

Hingga berita ini di publis, Kepala Disperidag Kota Ternate, Muhlis S Djumadil, belum dapat terkonfirmasi. Kabarhalmahera.com sudah mendatangi kantor Disperindag di Kelurahan Kampung Makasar, namun upaya konfirmasi ke Kepala Dinas belum terhubung.

====
Penulis : Tim
Editor    : Irawan A. Lila
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini