Terminal Tak Difungsikan, Area Ruko Sasadu Lamo Jadi Tempat Parkiran Sopir Lintas

Sebarkan:
Sejumlah mobil litas di Jailolo terparkir di area Ruko Sasadu. (Kamera/Arfles)
KAMERA JAILOLO - Lantaran Terminal tidak difungsikan, mobil lintas rute Jailolo-Tobelo harus parkir di ruas jalan, lapangan Sasadu Lamo, Desa Acango, Kecamatan Jailolo, Halmahera Barat.

Hal demikian membuat para supir angkat bicara, bahkan menyebut terkait pengaktifan Terminal sudah diusulkan berulang kali.

"Torang so mengusulkan ulang-ulang terkait dengan terminal, tapi sampe skarang tra terealisasi. Kalau torang pangkalan di Sasadu Lamo itu menganggu sekali apalagi kalau ada kegiatan," ujar Ketua Dewan Pimpinan Unit Khusus (DPUK), Egen, kepada Kabarhalmahera.com saat ditemui, Senin, 5 Desember 2022.

Egen bikang, saran-saran telah diberikan dari dari pemimpin sebelumnya sampai saat ini, namun tidak diakomodir Halmahera Barat (Halbar).

"Dari tahun sebelumnya dorang (Dinas Perhubungan) punya pernyataan cuman tahun berikut, ini sudah tahun berikut. Kalo berikut pasti ada tahun lagi tra," kesal Egen .

Wakil ketua I Bidang Keanggotaan Organda itu mengatakan, padahal begitu banyak ide yang diberikan. Menurut dia, jika mobil parkir di dalam ruko, maka akan menaruh petugas Dinas Perhubungan (Dishub). Hal ini agar supaya saat mobil masuk parkir harus membayar 2000 ribu, namun harus disediakan fasilitas.

"Apalagi torang ada 60 unit khusus di Sasadu Lamo, kalo 1 mob bayar parkir 1000 atau 2000 ribu, kan dapat untung juga," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Marten A. Baura saat dikormasi mengatakan bahwa Terminal tesebut memang belum difungsikan.

"Jadi itu masih pakai kesepakatan dengan Disperindagkop tahun 2018 atau 2019 lalu, Sebenarnya yang mau digunakan itu areal ruko yang ada di Sasadu," katanya.

Ia bilang, terkait keluhan para sopir itu, pihaknya akan berbicara dengan assisten dibawa pengawasan Dishub, untuk penataan melakukan ulang.

"Dan kami mengupayakan supaya tidak lagi parkir di jalan," Tegasnya.

"Kita rencanakan untuk mengefektifkan tahun depan, supaya areal ruko itu dipakai untuk parkiran. Karena  terminal Jailolo memang sudah tidak layak untuk dipakai.
Saya sudah usahakan permohonan untuk rehab tapi belum teralokasi. Jadi nanti tahun depan, sementara dipakai areal ruko di sasadu lamo," tandasnya.

====
Penulis : Arfles Rajalahu
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini