Senjata 'Arisaka' Beralih Tangan untuk Maluku Utara Aman

Sebarkan:
Penyerahan senpi oleh warga ke petugas. (Kakera/Rustam)
KAMERA TOBELO - Senjata organik laras panjang jenis arisaka tipe 38 "208052" dan lima butir munisi kaliber 7,62 mm yang sebelumnya dimiliki warga Desa Soatobaru Kecamatan Galela Barat, kini telah diserahkan ke satuan tugas pengamanan daerah rawan (Satgas) Pamrahwan Maluku Utara Yonarhanud 3/Yby untuk diamankan.

Penyerahan ini di rumah warga Soatobaru. Senin, 27 Februari 2023 kemarin.

Hal itu bermula Danpos Soatobaru Sertu M. Salehoddin malaksanakan komsos serta pengobatan keliling. Tiba-tiba, hujan dan berteduh dirumah warga sembari menunggu hujan redah, wargapun membuatkan teh kemudian berbincang mengenai tugas satgas Pamrahwan.

Dalam isi perbincangan, Danpos Sertu M. Salehoddin menanyakan keberadaan J pada saat terjadi konflik, jawaban J saat konflik dirinya telah mengungsi di tempat saudaranya di Ternate. Setelah konflik selesai dan memutuskan untuk kembali, tetapi rumah sudah menjadi puing serta rata dengan tanah. Dari situ, J tidak menginginkan konflik terjadi kembali.

Alhasil, J pun menyampaikan bahwa saudaranya ada yang masih memiliki senjata api di Subaim dan akan menyerahkan kepada pos satgas, mendengar hal itu, Danpos pun menghubungi Danki SSK III Lettu Arh Sumardiono melaporkan hal tersebut kemudian ditindaklanjuti Komandan Satgas Pamrahwan Yonarhanud3/YBY Letkol Arh Achmad Yani.

"Bapak J ajak danpos Soatobaru Sertu M. Salehoddin, serda Wahyudi Sugondo dan Prada Rexy Alwan Ramadhan menuju ke rumah saudaranya. Sesampainya disana, kemudian senjata dan lima butir munisi  tajam kaliber 7,62 mm itu diserahkan kepada Sertu Solehudin," ujar Komandan Satgas Yonarhanud 3/Yby, Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han. Selasa, 28 Februari 2023.

"J ini selaku saudara dari pemilik senjata dipercaya untuk menyerahkan senjata organik arisaka tipe 38 ke Satgas dan berterima kasih karena sudah memfasilitasi saudaranya yang tidak berkenan disebutkan namaya untuk menyerahkan senjata yang dimilikinya," sambung Dansatgas.

Dirinya juga menyebutkan, senjata yang dimiliki warga itu tidak biasa karena jenis tersebut digunakan juga negara jepang.

"Senjata organik bukan hanya standar TNI/Polri tetapi juga senjata api yang digunakan oleh militer/kepolisian atau petugas berwenang suatu negara, seperti jenis arisaka ini adalah senjata yang digunakan negara Jepang." tandasnya.*

====
👤 Penulis: Tim
👤 Editor: Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini