Syukuran Gosowong Menjadi Momen Refleksi atas Segala Pencapaian PTNHM

Sebarkan:
Haji Robert bersama Wakil Direktur Amiruddin Hasyim. (Istimewa)
KAMERA TOBELO -  PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM) menyelenggarakan acara yang bertajuk “Gosowong Bersyukur” pada Kamis, 2 Februari 2023 di area tambang emas Gosowong. Kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur dan apresiasi setinggi-tingginya atas segala kerja keras dan pencapaian seluruh karyawan dan mitra kerja, serta semua pihak yang telah mendukung penuh perjalanan PTNHM seperti pimpinan daerah, tokoh adat, tokoh masyarakat hingga wartawan media lokal. 

PTNHM menjamu tamu undangan dengan penuh kehangatan dan rasa kekeluargaan, yaitu para petinggi daerah seperti Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, Bupati Halmahera Utara, Frans Manery, Pangdam Pattimura Mayjen TNI H. Ruruh Aris Setyawibawa, Ketua DPRD Maluku Utara, Janlis Kitong, Kapolda Maluku Utara Irjen Pol. Midi Siswoko, tokoh adat lingkar tambang, perwakilan kepala Desa, perwakilan wartawan dari PWI dan AWPI Halmahera Utara. 

Acara juga dihadiri langsung oleh Presiden Direktur PTNHM Haji Robert Nitiyudo Wachjo, Direktur Operasional PTNHM sekaligus Wakil Presiden Direktur Petrosea,Rafael Nitiyudo, Wakil Direktur Utama PTNHM, Amiruddin Hasyim, Direktur Utama Antam, Niko Kanter, Presiden Direktur Petrosea, Romi Novan, Chief Financial Officer Petrosea, Ruddy Santoso, Komisaris Petrosea, Jenderal Pol (Purn) Drs. Sutanto dan Prof Dr. Supandi. Rangkaian kegiatan diawali dengan sambutan Haji Robert yang begitu terharu dan bersyukur dengan kegigihan dan semangat para karyawan sehingga tambang emas Gosowong bisa terus hadir memberikan manfaat di tengah masyarakat.

Haji Robert bersama Gubernur Maluku Utara.
Ia juga menceritakan bagaimana perjuangan selama menghadapi Covid-19 dengan berkolaborasi bersama masyarakat dan pemerintah setempat. Kegiatan kemudian dimeriahkan juga oleh penampilan tari-tarian khas Daerah Maluku Utara seperti tarian Cakalele, tarian Tide-tide hingga penampilan tim musik Yanger, yang semuanya dibawakan oleh karyawan dan mitra kerja PTNHM.

Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba pada acara tersebut menyampaikan rasa kagumnya 
dengan kegigihan Haji Robert saat akan mengambil alih saham PTNHM dari kepemilikan Newcrest Mining Ltd.

"Ketika dulu Bapak Haji mendatangi saya untuk mengelola PTNHM, saya katakan PTNHM sudah mau tutup. Akan sulit untuk mengelolanya kembali. Tapi ternyata beliau sangat gigih terus mencoba dan sekarang kita semua gembira karena eksplorasi yang dilakukan. PTNHM, telah ditemukan cadangan emas baru di tambang ini, membuat umur PTNHM lebih lama lagi. Ini menggembirakan untuk Maluku Utara," ujar Gubernur.

Senada juga dikatakan Bupati Halut, Ir Frans Manery, Daerah yang dipimpinnnya juga menyambut baik penemuan cadangan emas baru tersebut, dan meminta semua pihak untuk saling mendukung agar tambang Gosowong tersebut memberi manfaat bagi semua orang terutama di 
Halmahera Utara.

Pada hari yang sama, Haji Robert beserta jajaran manajemen PTNHM dan Dewan 
Komisioner PTNHM telah meresmikan beberapa proyek besar yang sedang digarap. PTNHM meresmikan pabrik pengolahan bijih baru SAG Mill #4 yang bertujuan meningkatkan kapasitas 
produksi. Diresmikan pula proyek Dry Stack Tailing yang merupakan pabrik pengolahan limbah dengan teknologi sangat canggih sehingga hasil limbah produksi akan bisa dimanfaatkan masyarakat dengan aman.


PTNHM juga meresmikan jembatan Shallut yang akan sangat mempermudah akses dan mobilitas kegiatan penambangan di Tambang Bawah Tanah Shallut. Jembatan Shallut merupakan hasil kolaborasi PTNHM bersama PT Petrosea selama kurang lebih 3 tahun PTNHM dikelola Indotan Group yang dipimpin Bapak Haji Robert, telah banyak perkembangan baik di dalam mau pun di luar perusahaan.

Kesejahteraan karyawan ditingkatkan, baik dari segi pendapatan, dan juga fasilitas di Tambang Gosowong. Hal ini yang memompa semangat para karyawan, termasuk juga karyawan perusahaan mitra kerja, untuk bekerja keras mencapai produksi maksimal. Selain itu taat membayar pajak dan kewajiban lainnya menjadi bentuk pengabdian PTNHM untuk daerah. Belum lagi berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program PPM yang dikelola tim Social Performance PTNHM dan program kemanusiaan Haji Robert Peduli yang merupakan inisiatif langsung dari Bapak Haji Robert. 

Semua program ini dijalankan untuk terus menyejahterakan masyarakat lingkar tambang. Maka dari itu, selama PTNHM masih berdiri dan terus menebar manfaat selalu diiringi dengan rasa syukur yang luar biasa. PTNHM senantiasa menjalankan semua aktivitas produksi dan sosial dengan semangat “Menambang dengan Hati.”.*

====
Penulis: Tim
Editor  : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini