Abdurahman Arsad Terpilih Jadi Ketua DPRD Kota Tidore, Begini Kata Ayah Erik

Sebarkan:
Ketua DPD PDI-P Provinsi Maluku Utara Muhammad Sinen. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Abdurahman Arsad resmi ditunjuk sebagai ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan sisa jabatan 2019-2024. Wakil sekretaris DPC PDI-P Tidore itu menggantikan posisi almarhum Ahmad Ishak yang juga dari fraksi PDI-P.

Sebelumnya, DPC PDI-P Tidore mengusulkan sebanyak tiga nama ke DPP PDI-P untuk pergantian ketua DPRD Tidore tersebut. Mereka adalah Abdurahmad Arsad, Husain Ibrahim, dan Husen Bin Syeh.

Ketua DPD PDI-P Provinsi Maluku Utara Muhammad Sinen mengakatakan, di PDI-P pengusulan SK pergantian ketua DPRD itu memiliki mekanisme tersendiri.

"Jadi untuk pimpinam DPRD itu mutlaknya ada di ketua, sekretaris dan bendahara (KSB). Setelah pak ketua meninggal, maka ada ketua DPC PDIP yakni Ahmad Laiman. Hanya pak Ahmad Laiman sudah menjadi pimpinan DPRD dua kali berturut-turut, dan menjadi wakil, maka tidak bisa di orbitkan menjadi ketua," ujar Muhammad Sinen saat di temui sejumlah wartawan di Kantor Walikota Tidore, Kamis, 16 Maret 2023.

Orang nomor dua di Kota Tidore ini juga menjelaskan, mekanisme pergantian antar waktu (PAW) itu telah melalui proses pleno di DPC PDIP, kemudian disampaikan ke DPD, dan diteruskan ke DPP.

"Karena kewenangan memutuskan untuk pimpinan DPRD ini ada di tangan DPP dan di tandatangani oleh ketua umum Megawati Soekarno Putri.

"Jadi tiga nama yang diusulkan oleh DPC itu, juga telah mengikuti Fit and Proper Test atau uji kelayakan dan kepatutan," sambungnya.

Pria yang akrab disapa Ayah Erik itu menambahkan, bahwa ketiga nama yang diusulkan itu adalah kader-kader terbaik PDIP. Namun semunya dikembalikan pada mekanisme partai.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini