Ribuan Warga Tumpah Ruah Ikut Jalan Sehat BUMN di Tidore

Sebarkan:
Ribuan warga saat ikut jalan sehat BUMN di Tidore. (Kabarhalmahera.com)
TIDORE - Jalan sehat bersama BUMN di pantai Tulugufa Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, dihadiri ribuan warga, Minggu, 19 Maret 2023

Kegiatan ini dalam rangka memperingati 25 tahun Kementerian BUMN yang diinisiasi oleh PT  PLN (Persero) UIW  Maluku-Maluku Utara sebagai Pic I, Bank BTN Pic II, dan Kantor Pos Pic III.

Jalan sehat gratis ini mengusung konsep "Estafet  Obor BUMN" yang di gelar di 235 kota/Kabupaten atau 15 Provinsi di Indonesia. Kegiatan ini selain menginspirasi dan mengedukasi seluruh masyarakat tentang pentingnya kesehatan melalui jalan sehat BUMN, juga sebagai ajang promosi BUMN untuk lebih dekat dengan masyarakat.

Pengamatan Kabarhalmahera.com di lokasi warga sangat antusias menghadiri jalan sehat tersebut. Hal itu dilihat dari antrian panjang pengambilan kupon dan kaos pada sekitar pukul 06.30 WIT. Sementara jalan sehat di mulai pada pukul 08.00 WIT.

Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UIW Maluku-Maluku Utara, Maman Sulaiman, dalam sambutanya mengatakan kegiatan jalan sehat yang digelar tersebut adalah amanah kementerian BUMN.

"Kegiatan ini diharapkan dapat mampu menjadi wadah sinergi antar BUMN sebagai pihak penyelenggara dengan Pemda maupun masyarakat setempat. Tentu, sinergi ini kita bangun secara berkelanjutan sehingga semakin mempererat hubungan baik diantara ketiganya," ujar Maman.

Ia menyatakan, kegiatan tersebut tidak terlepas dari bantuan serta kerjasama seluruh pihak. "Atas andil itu sehingga acara dapat terlaksana dengan baik. Keterlibatan berbagai pihak tersebut secara tidak langsung telah membentuk sebuah sinergi yang harus kita maintain agar tidak menciptakan silo antar sesama," katanya.

Maman menjelaskan konsep "Estafet Obor BUMN” yang diusung pada kegiatan jalan sehat itu dengan filosofi bahwa simbol kobaran api, adalah semangat para pahlawan saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Hal tersebut menjadi sebuah ilustrasi bahwa kita semua harus secara bersama-sama memiliki tekad untuk berjuang dan bergandengan tangan untuk kebangkitan Indonesia menjadi sebuah negara besar dan bermartabat," cetusnya.

Maman juga berharap, gelaran kegiatan ini
menjadi hal yang positif bagi sesama. Ia bialang, selain adanya kegiatan jalan sehat, pihaknya juga mengupayakan agar memberdayakan pelaku UMKM. Itu sehingga dapat memperkenalkan produknya kepada masyarakat dengan harapan menjadi lebih produktif dan branding produk UMKM menjadi lebih maksimal.

"Selain itu, ada juga demo konsep electrifying lifestyle dari salah satu Pic penyelenggara memperkenalkan perilaku gaya hidup baru serba listrik, seperti menggunakan air fryer, teko listrik maupun menggunakan alat masak memasak listrik lainnya,"

Demo ini dimaksudkan untuk mendukung Indonesia dalam mengoptimalkan pencapaian transisi energi. Semua ini dirancang agar jalan sehat membawa makna dan manfaat tersendiri untuk semua peserta sehingga suasananya menjadi lebih variatif.

"Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses, semua masyarakat menjadi senang, dan ke depannya sinergi BUMN dengan pemda dan masyarakat akan jauh lebih kokoh," tandasnya.

Sementara itu Wali Kota Tidore yang di wakili Staf Ahli, Husain Yakub, mengatakan Pemkot Tidore sangat mengapresiasi kegiatan jalan sehat BUMN yang berpusat di pantai Tugulufa Tidore tersebut.

"Kegiatan ini selain di ikuti masyarakat, juga para seluruh pegawai di lingkup Pemkot Tidore," singkatnya.

Ia menyebut, jalan sehat tersebut sangat bermanfaat untuk warga Tidore dan Maluku Utara pada umumnya.

Ketua Panitia Jalan Sehat, Hermes E Mozes Ansanay mengungkapkan, sangat mengapresiasi dukungan pemerintah Kota Tidore Kepulangan serta tingginya partisipasi masyarakat pada acara tersebut. 

"Kehadiran bapak ibu sesungguhnya memberikan rasa bangga sukacita dan mendapatkan penghargaan tersendiri atau upaya dan usaha dari panitia penyelenggara dalam mempersiapkan acara ini," kata Hermes.

Manager PT PLN (Persero) UP3 Ternate Eka Panji Septaprasetyo saat di temui di Tidore menambahkan, gelaran kegiatan jalan sehat di Kota Ternate juga mendapat dukungan dan antusias masyarakat begitu tinggal.

"Dan Alhamdulillah kegiatannya berjalan lancar. Kami berharap kegiatan yang sama dapat berlangsung juga di tahun depan, mungkin dengan konsep berbedah," harapnya.

Perlu diketahui, jalan sehat ini dilepas secara simbolis oleh Staf Ahli Wali Kota Tidore, Husain Yakub, ditandai dengan penyerahan Obor ke Ketua Panitia pelaksana Hermes E Mozes Ansanay. 

Sementara rute jalan sehat dimulai dari garis start pantai Tugulufa kemudian berjalan lurus ke arah selatan dan belok kanan ke arah jl. Sultan Nuku menuju Pit stop 1 di persimpangan foto kopi arah kantor PLN Soasiu. Di Pit Stop 1 peserta akak diberikan tambahan air minum. 

Selanjutnya menuju ke arah barat menuju Put Stop 2 yang terletak di depan kantor wali kota Tidore, disini peserta menyetor kupon doorprize ke panitia. 

Kemudian dilanjutkan ke arah utara menuju Put Stop 3 di pertigaan setelah stadion Marimoi, lalu lurus ke arah timur menuju pertigaan kantor KPU kemudian belok kiri menuju Pit Stop 4 di depan SMA 1 Tidore. 

Dari SMA 1 Tidore peserta menuju arah timur di sepanjang jalan taman siswa menuju Put Stop 5 di perempatan lampu merah Jl. Kemakmuran. Dan terkahir dari Pit Stop 5 peserta lurus ke arah timur dan belok kanan di pertigaan gedung Sentra UMKM menuju pantai Tugulufa hingga mencapai garis finish. 

Turut hadir dalam acara ini Ketua TP PKK Tidore Rahmawati Senen, pejabat PLN UIW Maluku-Malut, BTN, dan Kantor Pos, dan pejabat di lingkup Pemkot Tidore.* (Red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini