Selama Ramadhan dan Idul Fitri, Kelistrikan di Maluku dan Maluku Utara Dipastikan Andal dan Aman

Sebarkan:
Apel Pengamanan Pasokan Kelistrikan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023, Senin (13/3/2023).
AMBON - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara menggelar Apel Pengamanan Pasokan Kelistrikan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023, Senin (13/3/2023).

Dalam apel siaga itu, General Manager PT PLN (Persero) UIW MMU, Awat Tuhuloula terjun langsung di lokasi, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon untuk memastikan kesiapan perlengkapan pengamanan kelistrikan jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H.

“Semua peralatan di monitor dan dicek secara berjenjang mulai dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah untuk memastikan semua peralatan itu digunakan dan berfungsi dengan baik,” ujar Awat.

Saat ini, total beban puncak di sistem Ambon mencapai 64.000 kW dan daya mampu sekitar 80.000 kW. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 20 Pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) juga standby sewaktu-waktu dibutuhkan. Tak hanya itu, lanjut Awat, PLN juga menerjunkan kurang lebih 1.000 personel dengan menerapkan sistem piket bagi petugas operasional selama 24 jam demi menjaga keandalan pasokan listrik dan memastikan umat Muslim di Maluku dan Maluku Utara dapat menjalankan ibadah puasa dan Idul Fitri dengan lancar tanpa adanya gangguan sistem kelistrikan.

“Secara umum, semua Kantor Pelayanan (KP) kami fungsikan menjadi posko, kurang lebih 112 sistem jadi posko siaga pada saat Ramadhan dan Idul Fitri. Namun, pada saat hari H pelaksanaan shalat Idul Fitri, biasanya tim kami akan melakukan koordinasi dengan PBHI untuk tempat pelaksanaan salat Idul Fitri dan di sana kami sediakan genset untuk pelaksanaan pengamanan,” terang Awat

Tak Ada Pemadaman

Dalam rangka pengamanan pasokan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H pula, PLN UIW MMU memastikan tidak ada rencana pemadaman. Langkah terukur ini dipastikan dengan meniadakan operasional terencana, kecuali untuk hal-hal yang bersifat urgent.

“Namun, sekali lagi secara perencanaan rencana pekerjaan itu ditiadakan jadi nanti kita lakukan di H + 7 untuk memastikan sistem. Insya Allah semua sistem stand by, personel siap, supply bahan bakar siap, sehingga mudah-mudahan tidak ada hal-hal yang menonjol pada saat Ramadhan maupun lebaran nanti,” pungkasnya.

Adapun Apel Pengamanan Pasokan Kelistrikan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 dipimpin oleh General Manager PT PLN (Persero) UIW MMU, Awat Tuhuloula, dan diikuti peserta yang terdiri dari Jajaran Senior Manager, Jajaran Manager Bidang, Manager UP3 Ambon, Manager UPK Maluku, Manager UP2K Maluku, Seluruh Asisten Manager UP3 Ambon, Petugas Yantek (Pelayanan Teknik), Tim PDKB Distribusi UP3 Ambon, Tim PDKB Transmisi UPK Maluku, serta para pegawai lainnya.* (Red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini