Tim HRP KesMas PTNHM dan RSJ Sofifi Koordinasikan Penanganan ODGJ

Sebarkan:
KAMERA TOBELO - Tim Haji Robert Peduli Kesehatan Masyarakat (HRP Kesmas) yang dibentuk atas arahan Presiden Direktur PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM), Haji Robert Nitiyudo Wachjo telah beberapa kali membantu warga Maluku Utara yang dikategorikan sebagai Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan upaya itu mendapat sambutan positif dari masyarakat maupun pihak rumah sakit.

Untuk memastikan penanganan ODGJ dilakukan dengan tepat, Tim HRP KesMas telah berkoordinasi dengan Rumah sakit Jiwa Maluku Utara di Sofifi maupun rumah sakit lainnya di Maluku Utara mengenai standar penanganan tersebut agar niat baik tersebut dapat berjalan dengan baik pula sesuai ketentuan medis.

Koordinator Tim HRP KesMas Maluku Utara, Munir Radjabessy mengatakan, pihaknya telah mendengarkan penjelasan dari pihak rumah sakit mengenai hal tersebut dan dijadikan panduan bagian Tim.Tim HRP KesMas, baik yang di Kota Ternate maupun di lingkar tambang PTNHM telah banyak membantu warga yang sakit dan tidak memiliki akses pelayanan kesehatan.

"Bantuan diberikan dengan mengevakuasi warga yang sakit tersebut ke pusat-pusat pelayanan yang kesehatan, baik rumah sakit di Tobelo, Ternate, bahkan ke Kota Manado dan Jakarta," ujarnya.

Dalam perjalanannya, selain menemukan warga yang sakit dengan berbagai penyakit yang dialami, tim juga menerima informasi tentang warga yang ODGJ dan memerlukan bantuan secara medis.

"Sudah ada beberapa yang dibantu, lalu dirawat di Rumah Sakit Jiwa di Sofifi.
Menurut informasi, ada banyak warga lainnya yang ODGJ dan informasinya telah diterima oleh Tim HRP KesMas," sebutnya.

"Panduan penanganan ODGJ dari rumah sakit tersebut kini dijadikan pegangan oleh tim untuk kelancaran identifikasi, evakuasi dan pendampingan." sambungnya.*

====
Penulis : Tim
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini