Rumah Warga di Oba Tengah Dihantam Gelombang, Pemkot dan DPRD Diminta Bertindak

Sebarkan:

Cuaca buruk gelombang tinggi saat menghantam rumah warga di Oba Tengah. (Kamera/Aida
KAMERA TIDORE - Cuaca ekstrem angin kecang disertai gelombang tinggi dan hujan deras beberapa hari ini melanda sebagian wilayah Maluku Utara.

Hal demikian juga terjadi wilayah Kota Tidore Kepulauan, khususnya di Kelurahan Akelamo dan Desa Siokona, Kecamatan Oba Tengah, Tidore.

Akibat cuaca ekstrem tersebut, membuat 5 unit rumah warga yang berada di pesisir pantai kelurahan Akelamo diterpa gelombang pantai pada jumat malam kemarin. Kondisi ini dialami warga di lingkungan RT 03.

"Dimna sejumlah rumah warga yang berada di pesisir pantai ini di hantam ombak besar hingga memasuk ke dalam rumah warga, bahkan air sampai naik le jalan raya" ujar Kepala Kecamatan (Camat) Oba Tengah, Junaidi Fabanyo, kepada Kabarhalmahera.com, Sabtu, 8 April 2023.

Camat Oba Tengah, Junaidi Fabanyo saat meninjau lokasi.
Ia mengungkapkan, cuaca buruk yang melanda wilayah tersebut terjadi sebanyak dua kali, pada Rabu 5 April dan Sabtu 8 April 2023.

"Sementata di Desa Siokona, gelombang tinggi menghantam Talud penahan ombak hingga ambruk," ucapnya.

Dengan begitu, kata Junaidi, selaku Pemerintah Kecamatan sangat berharap pemerintah kota Tidore Kepulauan dan DPRD agar segera mengambil langka antisipasi atas kejadian tersebut.

"Karena kejadian seperti ini bukan kali pertama terjadi tetapi sudah berulang kali di kelurahan Akelamo ini. Maka saya berharap agar pemerintah Kota Tidore mengambil langkah cepat untuk mengatasi masalah ini untuk melakukan pembangunan Talud, karena warga dipesisir pantai sangat terancam," harapnya.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Irawan A. Lila

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini