Terminal Penumpang Nia Ino Holio Pelabuhan Tobelo di Fungsikan

Sebarkan:

KAMERA TOBELO - Terminal penumpang Nia Ino Holio di pelabuhan Tobelo Halmahera Utara, Maluku Utara telah rampung direnovasi dan mulai difungsikan untuk menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah 2023 Masehi.

Terminal tersebut mulai difungsikan saat KUPP Tobelo menyelenggarakan kegiatan sosialisasi keselamatan angkutan laut pada Selasa, 11 April 2023.

Kepala kantor unit penyelenggara pelabuhan Tobelo, Rusdi Sumadayo kepada wartawan mengatakan, terminal penumpang tidak hanya di renovasi bagian dalamnya saja, tetapi juga di tata pada bagian luar dengan membuat taman-taman sehingga terkesan asik dan cantik.

"Terminal penumpang ini sudah lama tidak difungsikan, dan setelah saya renovasi total kini sudah bisa di pakai dan diberi nama terminal penumpang Nia Ino Holio yang artinya mari torang pulang," ujarnya. Rabu, 12 April 2023.

Ia menjelaskan, dengan menggunakan bahasa Tobelo untuk penamaan fasilitas yang ada di pelabuhan Tobelo itu untuk memperkaya dan melestarikan bahasa asli daerah.

"Jadi ruang rapat, kami namakan Kakara, karena menurut keterangan tetua adat bahwa awal rumah adat Hibualamo itu di pulau Kakara dan terminal penumpang sebelumnya di namakan terminal penumpang Tobelo kami ganti dengan nama Nia Ini Holio," kata Rusdi.

Rusdi menyebutkan, setelah terminal tersebut di fungsikan, seluruh penumpang yang akan pulang menggunakan angkutan laut bisa langsung melalui terminal Nia Ino Holio.

"Terminal ini menjadi titik simpul antar pulang penumpang dari Tobelo ke daerah lain dan juga sebalik penumpang dari daerah lain pulang ke Tobelo," sebutnya.

Pihaknya menambahkan, penumpang naik dan turun di Pelabuhan Tobelo itu yang tujuan antar kabupaten seperti ke Halmahera Timur dan Morotai, ada pula tujuan antar pulau di Loloda Kepulauan.

"Kami harapkan dengan difungsikan terminal penumpang Nia Ino Holio, masyarakat dapat memanfaatkannya sebab apa yang kami lakukan ini untuk melayani masyarakat sehingga merasa nyaman, aman dan berkesan." tandasnya.*

====
Penulis : Rustam Gawa
Editor    : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini