Keluhkan soal Jaringan, Komisi I DPRD Tikep Gelar RDP Bersama Diskominfo

Sebarkan:

Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan Abdurahman Arsad. (Kamera/Aidar).
KAMERA TIDORE -  Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, (Malut) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas komunikasi informatika dan persandian (Diskominfo) setempat terkait dengan kendala jaringan internet di beberapa Desa dan Kelurahan.

Rapat dengar pendapat itu berlangsung di Kantor DPRD Kota Tidore Kepulauan. Selasa, 06 Juni 2023.

Dihadiri Ketua DPRD Abdurahman Arsad dan seluruh anggota komisi I, Kepala Dinas Kominfo, Asiz Nurdin bersama Sekretaris Dinas, Budi Mustafa.

Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan Abdurahman Arsad, kepada wartawan mengatakan, setelah dilakukannya rapat dengar pendapat, pihaknya meminta agar masalah jaringan internet yang hingga saat ini masih terkendala dibeberapa titik menjadi perhatian serius dinas terkait.

"Ini berdampak pada masyarakat terkhusus di sekolah-sekolah yang membutuhkan jaringan internet saat melaksanakan ujian, dan ini menjadi perhatian dari DPRD Kota Tidore Kepulauan," ujar Abdurahman saat ditemui di ruang kerjanya. Selasa, 06 Juni 2023.

Politisi PDIP Kota Tidore Kepulauan ini juga mengaku bahwa, mendapat keluhan dari sekolah di beberapa titik yang hingga kini masih terkendala dengan jaringan internet.

"Keluhan ini bukan hanya datang dari sekolah-sekolah saja, tapi juga masyarakat di beberapa titik yang belum menikmati jaringan internet dengan maksimal," tuturnya.

Dirinya juga menjelaskan, di daratan Oba saat ini, akses kabel optik dari Sofifi sudah mencapai ke desa bale Kecamatan Oba Tengah dan sudah dipasangkan ODP (Optical Distribution Point) dari Telkomsel. Namun, dengan syarat, di setiap kelurahan atau desa satu ODP minimal delapan pelanggan.

"Sementara di desa ini kan hanya terfokus di kantor desa dan sekolah. Otomatis, harus cari 6 pelanggan lain kan, maka dari itu kami minta ke Diskominfo untuk menargetkan titik fokusnya untuk memfungsikan fasilitas yang sudah ada," pinta Ondos sapaan akrabnya.

Pihaknya menambahkan, selain di daratan Oba, beberapa titik di pulau Tidore juga menjadi perhatian DPRD yang hingga belum menikmati jaringan internet dengan baik. Ia mencontohkan, di Tidore Timur, daerah pengunungan talaga dan beberapa titik lainya di dataran tinggi.

"Kami berharap penuh kepada Dinas Kominfo agar serius melihat kendala yang dihadapi masyarakat khususnya masalah jaringan ini." tandasnya mengakhiri.*

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini