Sering Tergenang Air saat Hujan, TNI Gelar Pembersihan Drainase

Sebarkan:
Koramil 1508-02/Galela dan warga bersihkan drainase. (Kamera/WYU).
KAMERA TOBELO - Sejumlah titik di Kecamatan Galela Barat, (Galbar) Halmahera Utara, Maluku Utara sering tergenang air saat musim penghujan, salah satunya Desa Samuda, akibat curah hujan sedang-lebat rumah warga terendam air bahkan dengan ketinggian 30 centi meter. Jumat, 21 Juli 2023 kemarin.

Merespon hal itu, Sabtu, 22 Juli 2023  Koramil 1508-02/Galela bersama warga melakukan kerja bakti pembersihan drainase/saluran air.
 
Danramil 1508-02/Galela Kapten Arh Mohamad Ali mengatakan, air hujan yang merendam beberapa rumah warga di akibatkan karena drainase/saluran pembuangan air ke danau terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung jumlah volume air.

"Musim penghujan yang saat ini terjadi, menyebabkan tingkat kerawanan akan bahaya banjir ataupun air masuk ke rumah warga bisa saja terjadi, apabila saluran air mampet atau tersumbat untuk itu diperlukan pembersihan saluran atau kah bisa di sebabkan drainase atau saluran pembuangan air yang di buat terlalu kecil," ujarnya.

Dirinya juga berharap, hal itu dapat menjadi contoh para Babinsa di wilayah untuk lebih memperhatikan hal-hal yang dapat mengakibatkan bencana.

"Saya berharap ini dapat menjadi contoh serta, dengan kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk mengedukasi masyarakat agar lebih menjaga kebersihan lingkungan dan senantiasa terhindar dari bencana yang mungkinan bisa terjadi," tukasnya.
 
Sementara itu, Kepala desa Samuda Erwin Rasai menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak TNI dalam hal ini Danramil 1508-02/Galela bersama anggota yang selalu hadir ditengah kesulitan masyarakat.

"Terima kasih TNI sudah datang dengan cepat membantu warga Desa Samuda melalui pelaksanaan karya bakti hari ini." tandasnya.*

====
Penulis : Rustam Gawa.
Editor    : Rustam Gawa.
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini