3 Hari Kedepan Berapa Wilayah di Malut Berpotensi Hujan Lebat

Sebarkan:
Ilustrasi hujan lebat. (Kabarhalmahera.com)
KAMERA TERNATE - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate memperkirakan kondisi cuaca di wilayah Maluku Utara secara umum berawan.

Forecaster Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate, Dhea Widya mengatakan, kondisi cuaca di wilayah Maluku Utara tiga hari kedepan secara umum berawan.

Ia menyebutkan, sementara untuk potensi hujan lebat terjadi di wilayah Loloda, Morotai, Jailolo, Tobelo, Maba, Weda, Galela, dan Kao.

"Untuk tinggi gelombang di wilayah perairan Maluku Utara sendiri sudah mulai menurun jika dibandingkan sebelumnya berkisar 0,5 hingga 1 setengah meter," ucapnya di kantor, Selasa (22/8/2023).

Meski begitu, kemungkinan pada tanggal 24 2023 ada peningkatan tinggi gelombang lagi. Ia menjelaskan, potensi hujan lebat ini terjadi disebabkan akibat  pola balikan angin di wilayah Maluku Utara.

"Selain itu, ada juga pola pengumpulan masa udara, jadi berpengaruh dalam pertumbuhan awan wilayah Maluku Utara," ujarnya.

Ia menambahkan, sedangkan untuk tinggi gelombang terjadi hal yang sama, tapi beberapa hari kedepan ini sudah mulai berkurang tinggi gelombang tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mencermati informasi dari BMKG sehingga apabila ada peringatan dini atau seperti apa bisa langsung direspon cepat," tutupnya.

====
Penulis: Mulyadi Ismail
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini