Peresmian PLTD di Makatian, Awat Tuhuloula: Hadiah Kemerdekaan tuk Masa Depan Cerah

Sebarkan:
MAKATIAN - Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Desa Makatian, Kecamatan Wermaktian, Pulau Yamdena, Kabupaten Kepulauan Tanimbar telah diresmikan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW-MMU), Awat Tuhuloula mengatakan peresmian PLTD ini faktanya menjadi hadiah kemerdekaan bagi masyarakat Desa Makatian.

"Secara simbolis nantinya, PLTD di Desa Makatian ini akan diresmikan bersamaan dengan 37 lokasi lainnya pada 17 Agustus 2023 mendatang. Sekaligus merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dan kemerdekaan akan akses tenaga listrik bagi masyarakat setempat," kata Awat, Jumat, (11/8/2023).

Awat menambahkan, PLN berkomitmen untuk terus membangun infrastruktur listrik agar seluruh desa di Maluku bisa menikmatinya.

Untuk itu, melalui program Listrik Desa (LISSA) ini, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya tak hanya sebagai pemenuhan kebutuhan listrik sehari-hari, melainkan juga pengembangan usaha.

"Kami berharap, listrik ini bisa menunjang semua aktivitas Bapak/Ibu di Makatian. Adik-adik peserta didik juga bisa belajar dengan merdeka di malam hari," pungkasnya.

Peresmian PLTD di Desa Makatian tentunya menjadi tonggak bersejarah, yang akan menghubungkan kurang lebih 256 calon pelanggan dengan sumber energi yang akan menerangi masa depan lebih cerah. Ini adalah langkah penting dalam meningkatkan rasio elektrifikasi dan memastikan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Mercy Barends, Anggota DPR RI dari Komisi VII serta dihadiri oleh perwakilan Pj. Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Forkompinda Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dan para anggota tim PLN UP3 Saumlaki yang telah bekerja keras untuk mewujudkan impian ini.

Dalam sambutannya, Mercy Barends menegaskan pentingnya menjaga dan memanfaatkan aset kelistrikan dengan bijak.

"Listrik yang kita nikmati tidak serta merta ada, untuk itu agar semua masyarakat menjaga dan merawat aset kelistrikan untuk kepentingan bersama," ucap Mercy Barends dengan penuh semangat.

Menyambung hal tersebut, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Drs. Josep J. Kelwulan menyampaikan, dengan hadirnya PLN di Desa Makatian, masyarakat akan merasakan dampak positif di berbagai aspek, seperti tingkat perekonomian masyarakat akan berubah drastis.

“Masyarakat bisa mengawetkan ikan dengan freezer untuk meningkatkan nilai ekonomi hasil tangkapan, kemudian dari sisi pendidikan, anak anak bisa belajar di malam hari yang sebelumnya mereka belajar hanya menggunakan penerangan seadanya, sehingga saya harus katakan bahwa listrik ini sungguh merubah hajat hidup orang banyak,” tutur Joseph.

Peresmian PLTD Makatian bukan hanya merayakan pencapaian teknis, tetapi juga simbol dari kerjasama yang kuat antara Pemerintah, PLN, dan masyarakat. Ini adalah langkah nyata menuju pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat.* (Red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini