Hadiri Bimtek, Begini Harapan Kepala Dinas Kehutanan Maluku Utara

Sebarkan:
Kepala Dinas  Kehutanan Provinsi Maluku Utara, H. M. Sukur Lila. (Kamera/Adi).
KAMERA SOFIFI - Kepala Dinas  Kehutanan Provinsi Maluku Utara, H. M. Sukur Lila menghadiri kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai yang dilaksanakn oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai atau BPDAS Ake Malamo Provinsi Malut. Selasa, 26 September 2023.

H. M Sukur Lila mengemukakan, Bimtek yang dilaksanakan BPDAS Ake Malamo hari ini tidak terlepas dari tanggung jawab pihaknya yang juga sebagai pemangku kawasan di Maluku Utara. 

"Kegiatan ini kami sangat mendukung karena bagaimana kita mendorong para pemegang pinjam pakai di sektor pertambangan setelah mengambil hasil ada kewajiban mereka harus dilaksanakan, salah satunya rehabilitasi DAS," ujar H.M. Sukur Lila kepada awak media di Muara Mall. 

Ia mengatakan, mereka dapat izin mengelola tapi tidak terlepas dari kewajiban dia harus melaksanakan rehabilitasi DAS. Itu yang harus dilaksanakan perusahaan sebab ini kewajiban supaya salah satunya bagaimana mendorong percepatan pemulihan kawasan untuk meningkatan pendapatan masyarakat. 

"Nah, jadi kami berharap para pemegang pinjam pakai taat melaksanakan kewajiban yang sudah dituangkan dalam surat keputusan bagi penguna kawasan hutan sebab apabila kewajiban itu tidak dilaksanakan dengan baik maka izinnya bisa di cabut," tuturnya.

Dirinya juga berujar, ini akan dilakukan Bimtek dan pengawasan, penilaian sampai dengan serah terima nantinya, karena ini dilaksanakan sampai tiga tahun setelah sampai tahun ketiga diserah terima. 

"Jadi betul-betul hasilnya harus sesuai dengan tujuan. Nah, jadi perhektar itu harus diatas 75 persen keberhasilan dari tanaman tersebut." tandasnya.

====
Penulis : Mulyadi Ismail.
Editor    : Rustam Gawa.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini