Pembukaan FKNT 2023 Bakal Berlangsung 12 September

Sebarkan:
KAMERA TIDORE - Festival Kampung Nelayan Tomalou atau FKNT bakal digelar pada 12 September 2023. Hal ini disampaikan oleh ketua panitia FKNT, Ismanto Saleh, saat konferensi pers, Kamis, 7 September 2023.

Menurutnya pembukaan FKNT 2023 itu awalnya direncanakan pada Sabtu besok namun diundurkan, meski begitu kata dia,
pergeseran jadwal itu hanya pada agenda Opening Ceremony. Itu karane kehadiran sejumlah tamu penting masih dalam tahap konfirmasi.

“Untuk persiapan sudah mencapai 80 persen lebih dan kami masih upayakan, terkait waktu pelaksanaan, sedianya pelaksanaan FKNT 2023 ini dimulai pada tanggal 9 September 2023, kami menyesuaikan dari gubernur, jadi digeser ke tanggal 12 september 2023,” ujarnya.

“Tamu nasional sudah dikonfirmasi ke Jakarta diantaranya menteri KKP, Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Wakapolri dan nama-nama besar lainya, namun karena situasi politik nasional yang belum stabil, mereka berhalangan hadir,” lanjut Ismanto.

Ismanto mengatakan, penyelenggaraan FKNT 2023 akan dibuka oleh Gubernur Maluku Utara dan didampingi oleh pejabat-pejabat daerah lainnya. Ia mengaku meski lembukaan FKNT 2023 dimundurkan, namun rangkaian kegiatan yang telah terjadwal akan tetap dilaksanakan seperti Mancing Mania dan Lomba Dayung.

“Acara pembukaannya yang digeser ke tanggal 12 dijadikan sebagai puncak acara, namun rangkaian acara seperti mancing mania tetap jalan di tanggal 9 dan lomba Dayung 10 September 2023,” jelas Ismanto.

Sementara itu Sekretaris FKNT 2023 Hasyim Kader menambahkan bahwa UMKM yang tergabung dalam FKNT itu berjumlah 60.

“Kita mengundang beberapa UMKM di kota Tidore untuk mengisi stand yang sudah disediakan diantaranya UMKM lokal (di dalam Tomalou) sebanyak 50 UMKM dan 10 UMKM lainnya dari luar Tidore,” tutupnya.

Sebagai informasi, terdapat 7 agenda yang akan yang digelar dalam FKNT 2023 kali ini, di antaranya 3 jenis lomba, seperti Mancing, Dayung Tradisional dan Permainan Anak. Sedangkan untuk acara non-lomba yaitu Tarian Kolosal, Tomalou Expo, Ritual Foladomo serta Pentas Budaya Bahari.*

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini