Tegas, Pemkot Tidore Gelar Pertemuan Bicarakan ASN Malas Berkantor

Sebarkan:
Rapat pembicaraan ASN malas masuk kantor. (Kamera/Aidar)
KEMERA TIDORE - Menindak lanjuti sidak Wakil Wali Kota Muhammad Senin pada berapa hari lalu, Pemkot Tidore menggelar pertemuan bersama OPD terkait.

Pasalnya pada sidak sebelumnya ditemukan banyak pegawai malas berkantor.

Rapat ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Tidore Kepulauan, Capten Hi. Ali Ibrahim di dampingi Wakil Wali Kota Muhammad Senin bersama Sekretaris Daerah Ismail Dukomalamo di ruang rapat Wali Kota, Jumat, 1 September 2023.

Dalam pertemuan itu membicarakan terkait disiplin Aparatur Sipil Negara atau ASN dilingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Capt, H. Ali Ibrahim menegaskan, sebagai ASN harus disiplin dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Tidore.

“Bagaimana  kita mau memberikan pelayanan yang baik jika tidak ada kesadaran disiplin oleh para ASN, ya paling penting adalah kesadaran diri pada setiap orang ASN bahwa disiplin adalah harga mati," ucapnya.

Wali Kota mengingatkan bahwa sidak terue dilakukan disemua instansi hingga kecamatan, kelurahan, dan puskesmas yang ada di Kota Tidore.

"Sebab kami sudah memperjuangkan tambahan penghasilan pegawai atau TTP ASN, sehingga dengan TPP itu diharapkan mampu memberikan pelayanan yang terbaik di Kota Tidore," ujarnya menambahkan.

Hal senada juga disampaikan Muhammad Sinen bahwa, tim PAN-RB RI yang melakukan inspeksi mendadak di Provinsi Maluku Utara beberapa hari yang lalu itu mengambil tiga sampel, yakni Pemerintahan Provinsi Maluku Utara, Pemerintah Kota Ternate, dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

“Namun untuk Kota Tidore dari hasil pantauan tim PAN-RB dari pukul 08:00 hingga 11:00 WIT, itu masih aman. Ternyata kemarin saya melakukan sidak dibeberapa OPD masih banyak menemukan ASN yang tidak disiplin masuk kantor pada saat usai istirahat makan siang, maka ini harus ditindaklanjuti, supaya tidak ada permasalahan apapun terkait disiplin ASN di Kota Tidore," tegasnya.

Ia mengatakan, tugas ASN adalah melayani masyarakat, ASN harus disiplin saat jam masuk kantor, istirahat maupun jam pulang kantor, agar dapat melayani masyarakat dengan baik.

“Apalagi ASN sudah mendapatkan tambahan penghasilan pegawai atau TPP, maka dengan harapan TPP itu bisa membuat ASN lebih semangat lagi untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat," jelas Muhammad Senin.

Ketua DPD PDIP Maluku Utara itu juga berharap, agar ASN yang dimutasikan ke daratan Oba juga harus betul-betul melakukan pelayanan yang terbaik, karena masyarakat daratan Oba  adalah bagian dari Kota Tidore Kepulauan.

"Kepada BKPSDM Kota Tidore mohon ditindaklanjuti para ASN yang sudah ditugaskan ke daratan Oba, karena sampai sekarang ini belum menjalankan tugas dengan baik, maka harus diberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sehingga ini semua dilakukan pemerataan atau tidak ada pilih kasih," pintanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo mengatakan, pertemuan ini merupakan evaluasi dari sidak yang dilakukan Wakil Wali Kota dibeberapa OPD beberapa hari kemarin.

“Saya minta disiplin ini harus dimulai dari pimpinan OPD, supaya diikuti oleh seluruh stafnya. Jadi bukan hanya disiplin masuk kantor, dan pulang kantor saja, tapi  para pimpinan OPD juga mampu untuk mengakomodir stafnya masing-masing untuk berpakaian sesuai dengan ketentuan peraturan Wali Kota yang sudah dikeluarkan," pintanya dengan tegas.

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini