Wakil Wali Kota Tidore Buka KSL I Guraping

Sebarkan:
Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Senin. (Kamera/Aidar) 
KAMERA TIDORE - Sepak bola di Kota Tidore Kepulauan, khususnya  di Kelurahan Guraping menjadi olahraga paling di gemari. Kartamal Super League atau KSL ke I tahun 2023 hari ini akan mewarnai dunia sepak bola di Kota Tidore Kepulauan.

Demikian disampaikan oleh Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Muhammad Senin dalam sambutannya saat membuka dengan resmi KSL ke I di lapangan Gorua Rasai Guraping, Oba Utara, Minggu 3 September 2023.

Moment ini dikatakan, dapat digunakkan oleh tim yang akan bertanding untuk menunjukkan kekompakkan, sekaligus menjadi sebuah sarana untuk silaturahim antar masyarakat Guraping.

Kesempatan ini harus dikelola dengan baik oleh stakeholder terkait sebagai pertimbangan untuk melihat bagaimana perkembangan sepakbola di Kota Tidore, serta bagaimana mencari bibit-bibit muda sepakbola melalui event-event seperti pada hari ini.

"Pada kesempatan yang baik ini, kami juga berpesan kepada seluruh pemain, agar menjadikan pertandingan ini sebagai ajang mengukur kemampuan dan sebagai pengalaman berharga untuk dapat mengukir prestasi di masa-masa yang akan datang.

Selanjutnya, dengan selalu menjunjung tinggi sportifitas dan Fair Play sebagai hal mendasar dalam permainan sepakbola.

"Tunjukkan sikap terbaik kita dengan selalu menghargai lawan dan mengakui kemampuan lawan, serta tidak melakukan perbuatan yang akan merugikan pemain lain. Mari tampilkan permainan sepakbola yang apik dan cantik untuk disuguhkan kepada masyarakat, penonton dan suporter, dengan menjaga keamanan dan ketertiban selama pertandingan berlangsung." imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Fajrun Dukomalamo menyampaikan, olahraga merupakan salah satu ajang pengembangan minat, bakat dan prestasi. Dengan berolahraga akan mendapatkan nilai positif yang terkandung di dalamnya, yakni adanya tempat penyaluran pelepasan emosional.

Hal ini merupakan salah satu peran penting untuk mengarahkan Psikologi ke arah kematangan emosional, disamping itu dengan berolahraga dapat menjunjung tinggi nilai sosialisasi antar sesama.

"Dan salah satu olahraga yang paling banyak di gemari dan diminati oleh berbagai lapisan masyarakat sekarang ini adalah sepak bola. Ini terbukti dan dapat dilihat dalam setiap penyelenggaraannya olah raga. Paling banyak mendapat perhatian dan dukungan. Sepak bola juga merupakan olahraga yang sangat bermasyarakat dn tidak mengenal kasta,"ujarnya

Lebih lanjut, karena keberadaannya yang dapat diterima semua tingkatan baik masyarakat kelas atas dan menengah, terlebih lagi pada masyarakat kelas bawah.

"Olehnya itu, fenomena ini mendorong kami untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola tahun 2023  yang diharapkan nantinya dapat menjadi kegiatan rutin untuk setiap tahunnya," harapnya.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini selain sebagai upaya untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, juga menjalin persatuan dan kesatuan antar warga. Secara tidak langsung kegiatan ini juga diharapkan menjadi salah satu wadah bagi penempaan skil dan mental bagi para pemain sepak bola.

"Diharapkan juga dalam turnamen ini akan munculnya bibit-bibit dan talenta-talenta yang baru dalam olahraga sepak bola. Untuk itu, tujuan dari kegiatan ini adalah memeriahkan acara HUT RI Ke78, yaitu pertama, mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga," sebutnya,

Kedua, adanya sarana bagi penempaan skil dan mental bagi para pemain sepak bola. Ketiga, munculnya bibit-bibit dan talenta-talenta yang baru dalam olahraga sepak bola. Keempat, peningkatan kemampuan fisik serta prestasi olahraga sepak bola. Dan keenam, terjalinnya persatuan dan kesatuan antar sesama.

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini