Hadiri Acara Oikumene di Gita Raja, Wawali Tidore Serukan Pentingnya Persatuan

Sebarkan:
Wawali Tidore Muhammad Sinen saat menghadiri Acara Oikumene. (Foto: Dar)
KAMERA TIDORE - Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen menghadiri acara Ibadah Oikumene di Desa Gita Raja, Kecamatan Oba  Kota Tidore, Selasa,7 November 2023.

Kegiatan ini dengan tema Torang semua basudara menuju Tidore Jang Foloi.

"Atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan kami mengucapkan selamat atas terbentuknya Forum Oikumene Kecamatan Oba (Foko), yang pada hari ini menggelar ibadah perdana, semoga Foko menjadi sebuah wadah yang akan selalu menguatkan persaudaraan dan persatuan serta menjaga keharmonisan antar umat beragama di Kecamatan Oba secara khusus dan secara umum di Kota Tidore Kepulauan," ujar Muhammad Sinen saat memberikan sambutan.

"Oikumene menekankan adanya kesatuan dalam keberagaman, yang mana memiliki tujuan menciptakan lingkungan kondusif dan mendukung adanya toleransi antar umat beragama dalam lingkungan," sambungnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan ini juga mengatakan, Oikumene juga diidentikkan dengan sikap saling menghormati antar agama, keyakinan, dan tradisi masing-masing. Karena itu diharapkan mampu menciptakan lingkungan dimana masyarakat mampu menghargai adanya perbedaan.

"Hal ini tentu saja mendorong adanya sikap toleransi dalam lingkungan bermasyarakat. Maka ibadah Oikumene juga diharapkan mampu menjadi penengah, mengatasi diskriminasi, dan juga memfasilitasi integrasi di tengah keberagaman," pintahnya.

Ia bilang, ibadah oikumene perdana Foko ini selain untuk menambah rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga untuk mempertemukkan secara utuh seluruh anggota Foko sebagai upaya untuk menyegarkan persaudaraan persekutuan di antara umat Kristiani untuk terus berjalan bersama sebagai saudara di Kecamatan Oba ini.

"Oleh karena itu, melalui persaudaraan dan persekutuan yang terus dibangun ini diharapkan dapat menular dalam persaudaraan kepada siapa pun, tanpa memandang perbedaaan latar belakang, maupun agama, suku dan lain sebagainya," harapnya.

Hal tersebut menurut Wawali dua priode itu
juga sesuai dengan momentum menghadapi pesta demokrasi yang akan berlangsung tahun depan.

"Kami harapkan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, jangan terpancing dengan berbagai informasi yang tak bertanggungjawab yang akan memecah belah persaudaraan kita. Mari kita bersama-sama, menjaga
keharmonisan dengan sesama umat beragama agar Kota Tidore Kepulauan akan selalu menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi siapa saja," tandasnya.

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini