Peringati HKN, Wawali Tidore Buka Lomba Posyandu antar Desa di Oba Selatan

Sebarkan:
Wakil Walikota Tidore, Muhammad Sinen saat membuka lomba posyandu. (Kamera/Aidar).
KAMERA TIDORE - Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen menghadiri dan secara resmi membuka lomba Posyandu aktif antar Desa se Kecamatan Oba Selatan Kota Tikep dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, (HKN) ke-59 tahun 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMA 7 Tidore. Sabtu, 11 November 2023.

Wakil Walikota Tidore Muhammad Sinen dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada kepala puskesmas rawat inap Lifofa yang telah mengambil langkah strategis dalam mencerdaskan kader posyandu yang ada di kecamatan Oba Selatan.

"Meminta kepada Camat Oba Selatan agar dapat meningkatkan kerja sama dengan puskesmas rawat inap Lifofa sehingga kegiatan seperti ini harus ditingkatkan selain dapat memberikan pemahaman kepada kader posyandu terkait tupoksinya juga sebagai bahan untuk dapat mengevaluasi kinerja Bidan Desa," ujarnya

Kegiatan seperti ini, pihaknya juga akan mengusulkan untuk menjadi agenda prioritas bagi kota Tikep "Untuk meningkatkan kapasitas kinerja bidan desa dan kader Posyandu," sebutnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore, Abdul Majid Dano menyatakan,  kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada kader posyandu dan seluruh masyarakat terkait.

"Pelayanan kesehatan serta sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan," tukas Abdul.

Dikesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Lifofa Nahrudin Nurdin, juga menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan rangkaian dalam memeriahkan Hari Kesehatan Nasional. 

"Sesuai dengan hasil evaluasi dan monitoring terhadap kader posyandu dapat disampaikan sebagian besar kader posyandu  belum secara penuh mengerti atau memahami tupoksinya sehingga kami menggagasi kegiatan ini agar dapat memahami tupoksinya," jelas Nahrudin.
Dirinya juga menjelaskan, kegiatan ini bukan untuk mencari kesalahan atau kekurangan bidan desa maupun kader posyandu, namun untuk menambah wawasan serta meningkatkan kapasitas dalam melayani masyarakat sesuai dengan tupoksinya. 

"Setelah kegiatan ini kami akan mengagendakan program rutin kecamatan Oba Selatan untuk melakukan evaluasi pada setiap bulannya terhadap bidan Desa dan kader posyandu terkait kinerja sesuai tupoksinya." tandasnya.

====
Penulis : Aidar Salasa.
Editor    : Rustam Gawa.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini