Hadapi PKL, Siswa SMK Negeri 3 Ternate Ikuti Pembekalan

Sebarkan:
24 Siswa SMK Negeri 3 Ternate Saat Mengikuti Pembekalan PKL [Kamera/Adi].
TERNATE - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar kegiatan pembekalan kepada 25 peserta didik kelas II yang akan mengikuti Prakerin atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) tahun pelajaran 2023-2024.

Pembekalan tersebut dilaksanakan di Aula SMA 3. Agenda ini dibuka oleh Kepala Dinas Cabang Kota Ternate pada Selasa, 30 Januari kemarin. Menjadi  pemateri dalam kegiatan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Industri Provinsi Maluku Utara, serta dari internal sekolah bagian kesiswaan, kurikulum, hubungan Industri, dan jurusan.

Kepala SMK Negeri 3 Kota Ternate, Drs. Kamaludin Ahmad, MM melalui Penanggungjawab Industri Nurmiayah Nurmiayah mengatakan, siswa yang akan turun PKL sebanyak 24 orang, terdiri dari jurusan Tata Boga 2 orang, Tata Busana 4 orang, perhotelan 6 orang, kecantikan 3 orang, dan jurusan keperawatan 9 orang.

"Jadi siswa ini akan mulai turun atau praktek 6 Februari hingga selesai 4 Mei 2024. Siswa yang mengikuti praktek ini sesuai dengn kompetensi   mereka masing-masing. Jadi kalau siswa dari jurusan Tata Boga dan Perhotelan kami tempat kan di Sahid Bella Ternate," ucapnya kepada media ini di sekolah, Rabu 31 Januari 2024.

Nurmiayah melanjutkan, sementara jurusan Tata Busana tempat prakteknya di  penjahit tepatnya     di Gamalama, jurusan kecantikan di rumah lulur di Kelurahan Kalumpang, sedangkan jurusan
keperawatan di dua tempat, yaitu di Puskesmas Bahari Berkesan Ternate, dan Puskesmas Siko.

Selain itu, ia berujar, setelah mereka  selesai  dari praktek dan kembali ke sekolah selanjutnya ada juga pembimbingan untuk penulisan laporan   hasil praktek kerja mereka selama berada ada di lapangan atau tempat praktek di dunia industri. Itu yang mereka laporkan baru diseminarkan.

Nurmiayah menambahkan, untuk pembekalan kedua hari ini narasumbernya dari Pak Akmal  Naim S.Kep.Ns selaku Owner dan Ahli Aesthetic Klinik Kecantikan Kems Aesthetic Beauty Care.

"Harapan kami semoga ilmu dan pengalaman yng mereka dapatkan di sekolah selama ini bisa diimplementasikan saat berada ditempat praktek. Jadi kita turunkan mereka, supaya mereka tau seperti apa dunia kerja saat dari pihak Industri memberikan ilmu," pungkasnya.

Sementara itu, Owner dan Ahli Aesthetic Klinik Kecantikan Kems Aesthetic  Beauty Care, Akmal  Naim menyatakan, kehadirannya di SMK Negeri 3 untuk memberikan materi tentang etika dalam kerja industri di bidang kecantikan kesehatan.

"Jadi materi saya sampaikan kepada siswa-siswi untuk kesiapan saat nanti merka berada di klinik kecantikan Kems Aesthetic Beauty Care. Dalam diskusi tadi siswa sangat koperatif, dan bagus sekali dalam pengenalan alat dn bahan," ujarnya.

Dikatakan, jadi mereka sudah tau. Bukan hanya itu, tapi mereka juga paham bagaimana cara berkomunikasi dengan pasien. Kan langsung praktekum secara langsung di ruangan tadi.

"Jadi saya melihat semangat dan peminat siswa sangat bagus dan skilnya juga oke tinggal bagaimana kita tetap mengasa skil mereka, tapi noleksnya itu lebih penting. Harapan saya untuk siswa SMK 3 makin semangat belajar," tutupnya.

====
Penulis: Mulyadi Ismail
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini