Bupati Halut Buka Kegiatan Forum Konsultasi Publik Pengawasan Obat dan Makanan

Sebarkan:
Kegiatan Forum Konsultasi Publik dan Advokasi Pemerintah Daerah dan Lintas Sektor Terkait Pengawasan Obat dan Makanan. (Istimewa)
HALUT - Loka POM di Kabupaten Kepulauan Morotai melaksanakan Kegiatan Forum Konsultasi Publik dan Advokasi Pemerintah Daerah dan Lintas Sektor Terkait Pengawasan Obat dan Makanan di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Rabu, (24/04/2024)

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Marahai Park, Tobelo itu dakam rangka neningkatkan pengawasan obat dan makanan, melalui sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah demi peningkatan pelayanan publik yang lebih baik

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Kabupaten Halut, Ir. Frans Manery yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Halmahera Utara, Drs. Frederik Nelson Sahetapy, S.IP,. Kegiatan ini sekaligus Penandatanganan Komitmen Bersama dalam  mendukung kesiapan terhadap Pengawasan Obat dan Makanan di Kabupaten Halmahera Utara oleh seluruh peserta forum. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Halmahera Utara AKBP Zulfikar Iskandar S.I.K, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Rusmin Nuryadin, Kajari Halut Muhamad Ahsan Tamrin S.H.M.H, Kepala Loka POM Kabupaten Pulau Morotai Salman Fariesy S.Farm, Apt, Kasad Pol PP Halut M.Kacoa, Para Pimpinan OPD Terkait dan tamu undangan yang hadir kurang lebih 50 Orang

Forum Konsultasi Publik ini membahas tentang rancangan, penerapan, dampak, dan evaluasi kebijakan yang ditetapkan oleh penyelenggara pelayanan sehingga diperoleh kebijakan yang efektif dalam rangka pengingkatan kualitas pelayanan publik.

Dalam Forum yang dihadiri oleh beberapa unsur masyarakat diantaranya Pengguna Layanan, Ahli/Praktisi/Akademisi, Instansi Terkait, Organisasi Masyarakat Sipil, dan Media Masa bertujuan untuk meningkatkan Sinergitas serta Evaluasi terhadap Standar Pelayanan Publik dan Hasil Pengawasan Obat dan Makanan di Loka POM sampai di Kabupaten Halmahera Utara secara berkesinambungan sehingga dapat memberi layanan prima kepada masyarakat.

"Peran Pemerintah Daerah sangat penting sebagaimana yang diamanahkan melalui permendagri no 41 tahun 2018 tentang peningkatan koordinasi pembinaan dan pengawasan obat dan makanan di daerah sehingga dapat menjangkau langsung ke masyarakat, memberikan edukasi dan turut serta mendorong peningkatan kesehatan masyarakat lewat pengawasan obat dan makanan yang lebih baik, sehingga salah satu poin dalam visi nawa cita yang terus digaungkan presiden joko widodo yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat indonesia serta mendukung percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional dapat terwujud melalui fungsi strategis pengawasan obat dan makanan. Selain itu, melalui peran pembinaan dapat menumbuhkan umkm di sektor pangan yang berperan dalam perkembangan ekonomi," ujar Asisten 1 saat membacakan sambutan Bupati.

Kepala Loka POM di Kabupaten Pulau Morotai, juga menyampaikan bahwa upaya perlindungan masyarakat di Kabupaten Halmahera Utara dari Obat dan Makanan yang beresiko terhadap kesehatan tidak akan berjalan secara optimal apabila Loka POM Morotai hanya berperan seorang diri.

"Oleh karena itu, dibutuhkan kesamaaan langkah dan dukungan dari seluruh stakeholder, termasuk peran aktif dari Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pengawasan yang prima dan berkelanjutan agar masyarakat terlindungi dari Obat dan Makanan ilegal yang berisiko terhadap kesehatan," pungkasnya.*

====
Penulis: Tim
Editor   : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini