PLTS Pulau Tiga Siap Terangi Desa Nusela dengan Energi Baru Terbarukan

Sebarkan:
Pre Comisioning test. TIM PLN Uiw MMU dan UP3 Ambon nelaksanskan pemeriksanaan instrumen PLTS Pulau Tiga. (Humas PLN)
NUSAELA - Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pulau Tiga di Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah siap terangi Desa Nusaela.

Hal itu dipastikan General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula. Kata dia, PLTS yang dioperasikan dengan memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT) ini akan diresmikan pada Mei 2024 mandatang.

“Setelah melewati proses uji coba, upaya kita untuk memperluas akses listrik bagi masyarakat akhirnya segera dimanfatkan. Kali ini sumber energi yaitu melalui EBT bukan menggunakan tenaga diesel,” ujar Awat.

Proses uji coba dilakukan bersama PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon, NZmates dan PT Deltamas Solusindo. Dilakukan Pre-Commisioning Test terhadap PLTS tersebut selama dua hari.

Awat memastikan, hingga pada saat peresmian nanti, semua infrastruktur sistem kelistrikan dalam kondisi aman dan siap digunakan. Kehadiran PLTS Pulau Tiga diharapkan tidak hanya akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Nusela, tetapi juga menjadi role model bagi pengembangan proyek-proyek serupa di wilayah lain, mendukung Indonesia dalam mencapai tujuan energi bersih dan berkelanjutan.

“Ini merupakan langkah yang signifikan dalam upaya negara untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan meningkatkan proporsi Energi Baru Terbarukan dalam matriks energi nasional,” sambungnya.

Sementara itu, Asisten Manager Perencanaan UP3 Ambon, Sutan Sitorus menyebutkan, PLTS Pulau Tiga ini memiliki kapasitas sebesar 75 kWp, sehingga PLTS ini direncanakan akan melayani sekitar 120 rumah tangga di Desa Nusa Ela secara kontinyu selama 24 jam sehari.

“PLTS Pulau Tiga adalah bukti nyata dari upaya PLN dalam melakukan transisi ke energi hijau dan berkelanjutan. Ini adalah langkah awal kami untuk mendukung penuh penggunaan energi yang ramah lingkungan. Tentunya ini juga sejalan dengan salah satu transformasi PLN yaitu pada pilar Green,” sebutnya.

Diharapkan setelah peresmian nanti, masyarakat dapat menikmati listrik secara aman dan nyaman  sehingga produktivitas akan semakin meningkat dan roda ekonomi akan berputar dengan baik pada daerah tersebut. Ini merupakan wujud nyata PLN hadir untuk masyarakat dan menjadi bukti komitmen dalam mendorong maupun meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat hingga ke pelosok negeri.* (Red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini