Satatus Gunung Ibu Level Siaga, Pemda Halbar Dirikan Tenda Pengunsian

Sebarkan:
Pemda Halbar saat mendirikan tenda pengunsi dan posko darurat. (Kh)
JAILOLO - Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD mendirikan tenda pengungsian dan posko darurat untuk mengantisipasi adanya evakuasi terhadap warga disekitar lereng gunung Api Ibu.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhamad, kepada awak media, Sabtu, (11/5/2024) kemarin.

"Untuk mengantisipasi evakuasi warga ke tempat yang aman, Pemda melalui BPBD Halmahera Barat, telah mendirikan tenda pengungsi dan Posko Darurat," ujarnya.

Djufri bilang, tenda yang terpasang itu letaknya berada didesa Gam Ici, Kecamatan Ibu. Lokasi ini dipilih karena lebih aman jika warga dievakuasi.

"Semalam ada letupan yang semakin besar, jadi kami gandeng sejumlah instansi dan saat ini kami sudah mendirikan tenda pengungsian di desa Gam ici, Kecamatan Ibu," katanya.

Ia mengaku Pemerintah Daerah akan terus melakukan pemantauan aktifitas Gunung Api Ibu. "Kami terus lakukan pantauan, jika terjadi Erupsi besar, makanya kami akan evakuasi warga untuk menuju ke titik aman,"ujarnya.

Djufri berharap  masyarakat tetap waspada karena status Gunung Ibu sendiri saat ini berada pada level III atau siaga.

"Kami berharap, kepada warga yang berada di lereng Gunung Api Ibu agar tetap waspada dan selalu mengikuti arahan dari Pemerintah," tandasnya.* (red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini