Resmikan Rumah Bedah di Tiowor, Kades: Haji Robert Angkat Derajat Warga Lingkar Tambang

Sebarkan:

Antusias warga masyarakat desa Kiowor Halmahera Utara saat menjemput Presiden Direktur PT NHM, Haji Robert pada peresmian bantuan rumah bedah di desa setempat (dok.Istimewa)
KbrHALUT - Presiden Direktur sekaligus pemilik PT NHM Haji Robert Nitiyudo Wachjo kembali meresmikan satu unit bantuan Rumah Bedah di Desa Tiowor, Kecamatan Kao Teluk, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Rabu (10/11/2021).

Bantuan tersebut merupakan program kemanusian Haji Robert Peduli untuk daerah lingkar tambang pada 83 di desa di Kecamatan Kao-Malifut. Program ini direalisasi melalui tim Kinerja Sosial atau Social Performance PT NHM yang bekerjasama dengan pemerintah desa setempat diluar Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

“Ini adalah rumah bedah kedua yang diresmikan pak Haji Robert,” ujar Kepala Desa Tiowor, Iskandar H. Karim kepada Kabarhalmahera.com.

Ia bilang, peresmian rumah bedah bagi keluarga kurang mampu di desa Tiowor bukanlah yang terakhir. Itu karena kata dia, pemerintah di bawah kepemimpinannya telah mengusulkan sebanyak 12 unit rumah warga untuk di bedah.

“Namun semuanya berpulang kepada tim Haji Robert Peduli untuk menetapkan layak atau tidaknya warga mendapatkan bantuan itu. Karena semua bantuan harus sesuai kriteria atau SOP yang sudah di tetapkan,” katanya.

Kades Tiowor Iskandar H.Karim (kanan) saat mendapingi Haji Robert (dok:Istimewa)
Iskandar mengungkapkan, kepedulian Presiden Direktur NHM terhadap warga lingkar tambang  hingga kini patut diapresiasi dan dicontohi perusahan pertambangan yang lain di Maluku Utara. Pasalnya menurut dia, PT NHM sebelumnya atau di bawah kendali Newcres di 20 tahun lalu, derajat masyarakat  lingkar tambang seakan diletakan dibawa telapak kaki.

"Karena itu dengan adanya bantuan ini masyarakat merasa terharu dan menangis. Sebab kehadiran pak Haji Robert sudah mengangkat derajat warga dan meletakan diatas kepalanya," ucapnya.

“Kehadiran pak Haji ini juga dapat mengajarkan kebahagian sejati. Bukan seberapa banyak harta yang  dipunyai tetapi kebahagiaan orang lain adalah hasil upaya dan kepedulian bersama,” sambungnya.

Perlu diketahui, dalam peresmian ini penerima bantuan rumah bedah, Sarah Sarian (106 tahun) tak hanya diberikan kunci rumah, namun ia juga mendapatkan sedekah berupa uang tunai dari Haji Robert. (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini