72 Personel TNI Terjun ke Galela Bantu Bersihkan Bangunan Rusak akibat Gempa

Sebarkan:
Anggota TNI saat bembantu warga terdampak gemoa di Galela Halmahera Utara (utm/KH)
TOBELO - Sebanyak 72 personil TNI di Tobelo Halmahera Utara, Maluku Utara dikerahkan ke Galela dalam rangka mengangkut sisa-sisa bangunan rumah yang roboh akibat gempa bumi mangnitudo 5.2 pada Senin, 18 April 2022 kemarin.

Personil TNI yang dikerahkan itu terdiri dari Kodim 1508 Tobelo sebanyak 65 orang, Kompi C 10 orang dan Satgas Yonif 732 sebanyak 7 orang. Semunya di sebarkan di titik yakni Kecamatan Galela, Kecamatan Galela Selatan dan Kecamatan Galela Barat.

Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra mengatakan, apa yang dilakukannya itu merupakan karya bakti sebagai wujud nyata kehadiran TNI untuk membantu masyarakat.

Menurutnya, TNI bersama masyarakat terus memegang teguh tradisi turun temurun yang menjadi budaya positif yang harus di pertahankan, juga menjadi momen silaturahmi dan pemersatu serta semakin mempererat kemanunggalan.

"Ini upaya kami sebagai aparat Komando Teritorial yang ada di wilayah untuk membantu masyarakat yang terkena musibah gempa,bTNI akan berusaha membersihkan rumah-rumah warga yang terkena dampak gempa bumi," ujarnya. Selasa, 19 April 2022.

"Anggota juga membantu mendirikan posko darurat di depan Masjid Nur Muhammad Desa Ngidiho," sambungnya.

Dandim mengemuakakan, tugas pokok TNI sesuai dengan Undang-undang TNI Nomor 34 tahun 2004, TNI selain melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) juga bertugas melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

"Salah satunya ya dengan melaksankan karya bakti menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan," tandas Dandim (utm/red).
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini