Dinas PPPA Malut Gelar Bimtek Industri Rumahan di Sula

Sebarkan:
Kepala Dinas PPPA Malut, Musyrifah Alhadar saat diwawancarai
SANANA - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar Bimbingan Teknik atau Bimtek Industri Rumahan Bagi Kelompok Usaha Perempuan di Kabupaten Kepulauan Sula, Sabtu, 2 Juli 2022.

Kepala Dinas PPPA Malut, Musyrifah Alhadar kepada sejumlah wartawan menyatakan, kegiatan industri rumahan tersebut untuk menunjang para pelaku usaha UMKM khususnya perempuan.

"Ini industri rumahan, dan kali ini torang (kita) bikin di Kepulauan Sula, jadi tiap tahun itu kegiatan begini tatap ada. Dan di tahun sebelumnya kita bikin di kota Ternate," kata Musyrifah.

Menurutnya, kegiatana itu adalah salah satu program pusat untuk daerah. "Yaitu bagaimna program desa yang ramah perempuan dan perlindungan anak ini di galakkan," katanya.

Musyrifah, kegiatan yang digelar juga bagaian dari implementasi yang sudah dicanangkan Menteri PPA di Tidore Kepulauan pada beberapa waktu.

"Jadi untuk Maluku Utara sendiri ada 5 Kabupaten dari 10 Kabupaten penerima program dari PPPA ini, yaitu Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Pulau Morotai, Kabupaten Halmahera Selatan, Halmahera Utara dan Tidore Kepulauan," jelasnya.

Musyrifa berharap agar kegiatan yang digelar dapat bisa membawa dampak positif dan bisa menggiatkan semua UMKM perempuan khususnya di Kepulauan Sula.

"Jadi desa yang mengikuti kegiatan ini ada 6 desa, yakni Desa Kou, Wailau, Pastina, Waitulia, Falahu dan Desa Mangon," sebut Musyrifah.

"Yang kita harap desa yang hadir pada kegiatan ini nanti mampu meriplikasikan konsep di RPPA yang diterapkan di dua desa file projek yaitu Desa Wailau dan Desa Mangon," harapannya.

Untuk diketahui, Bimtek yang berlangsung di Istana Daerah (ISDA), Kecamatan Sanana, Desa Fagudu tersebut, dibuka langsung Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Saleh Marasabessy, dan dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Malut, Malik Sillia, anggota DPRD Sula, Kamal Upara serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sula lainnya. (har)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini