TMMD Kodim 1508 Tobelo di Kao Barat Resmi Ditutup

Sebarkan:

Upacara penutupan TMMD ke 114 Kodim 1508 Tobelo di Kao Barat (Rustam)
TOBELO - Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa atau  di empat Desa yang berada di Kecamatan Kao Barat, Halmahera Utara, (Halut) resmi ditutup.

Upacara penutupan itu dipimpin langsung Danrem 152 Baabullah, Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito, yang berlangsung di lapangan desa Tolabi, wilayah setempat, Rabu, 24 Agustus 2022.

Acara ini juga dihadiri Kasi Intel Kasrem 152 Baabullah Kolonel Inf Artang Nainggolan, Kasilog Kasrem 152 Baabullah Letkol CBA Iwan Kustiawan, Kasiter Kasrem 152 Baabullah Kolonel Inf Muhammad Ali Taniago. Dandim 1508 Tobelo Letkol Inf Davit Sirait, Wakapolres Halut Kompol Alwan Aufat, Kasdim 1508 Tobelo Mayor Inf Rusmin Nuryadin, mewakili Bupati Halut Asisten I Bidang Pemerintahan Jon Anwar Kabarmai, Camat Kao Barat, Abner Tukang para Kepala Desa dan Guru-guru di Kecamatan Kao Barat serta tamu undangan lainnya.

Sementara pasukan untuk upacara terdiri dari 1 peleton Kodim 1508 Tobelo, 1 peleton Raider 732 Banau, 1 peleton Brimob Kompi Kupa-Kupa, 1 peleton Polres Halut, dan 1 peleton Satpol PP, para Siswa-siswi dari SMA 12 Kao Barat dan SMPN 9 Halmahera Utara. Hal ini disaksikan langsung masyarakat umum.

Upacara penutupan
Danrem 152 Baabullah Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito mengatakan, program TMMD itu dimulai sejak tanggal 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022 atau dihitung satu bulan.

"Ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah," ujarnya.

Program TMMD ini, sambung Danrem, merupakan operasi bakti yang dilaksanakan oleh TNI didukung komponen masyarakat dan pemerintah daerah. Ia menyebut, program TMMD ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD).

"Program ini setiap tahun, untuk wilayah Kodim 1508 Tobelo itu di tahun 2022.  Tahun depan  adalah wilayah Kodim Sula, Kodim Ternate dan Kodim Weda. Nah tahun 2024 kembali lagi ke urutannya yaitu Kodim 1508 Tobelo, Kodim Tidore dan Kodim Labuha," ucapnya.

"Jadi untuk wilayah Korem 152 ini akan bergantian, namun lokasinya berbeda mungkin aspirasi masyarakat mana yang belum pernah dilaksanakan, tadi saya ngobrol-ngobrol dengan Asisten I Setda Halut katanya wilayah Loloda ada, dan kita nanti mungkin rencanakan apa kebutuhan masyarakat di daerah itu," sambung Danrem.

Foto bersama usai penijauan Musholla di Desa Makarti

Pihaknya juga berharap, program TMMD ini dapat terus didukung oleh seluruh komponen. Karena menurut dia, hakikatnya adalah membangun kebersamaan, solidaritas antara TNI dan rakyat.


"Karena TNI itu tentara rakyat jadi harus kembali ke induknya, TMMD ini adalah media TNI. Ini juga membantu pemerintah daerah mengaklerasi program-program yang sudah di canangkan di daerah, TMMD kedepan akan terus kita laksanakan bersama dengan Pemda, saya sangat berterima kasih sekali dengan pemda Halut yang sudah mengalokasikan sehingga ini bisa terselenggara dengan baik," pungkasnya.

Sementara Dansatgas TMMD Kodim 1508 Tobelo, Letkol Inf Davit Sirait memaparkan, pelaksanaan program TMMD ke 114 di empat desa Kecamatan Kao Barat tersebut hingga penutupan telah diselesaikan 100 persen.

"Alhamdulillah semuanya telah dikerjakan dan selesai 100 persen sesuai target awal kita, dan pada hari ini adalah hari penutupan TMMD ke 114,"kata Dandim.

Terpisah, Bupati Halut Ir Frans Manery diwakili Asisten I bidang pemerintahan Setda Halut Jhon Anwar Kabalmai menyebutkan, pemerintah daerah di tahun-tahun berikut akan tetap mengalokasikan untuk program TMMD Kodim 1508 Tobelo.

"Tadi kami telah membicarakan dengan pak Danrem kalau bisa di tahun mendatang kita alokasikan untuk di Kecamatan daerah Loloda Utara atau Loloda Kepulauan sesuai dengan karakteristik wilayahnya masih tertinggal," tandasnya.

Sekedar diketahui, setelah selesai upacara, dilaksanakan penandatanganan berita acara naskah serah terima hasil pelaksanaan TMMD ke 114 tahun 2022. Juga pembagian sembako terhadap warga yang kurang mampu dan pasien stunting. Itu sekaligus meninjau pasar murah dan pengobatan gratis juga meninjau sasaran fisik Musholla di desa Makarti.


====
Penulis : Rustam Gawa
Editor    : Redaksi

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini