Jubir Aman Minta Wali Kota dan Wakilnya Segera Evalusi OPD yang Tidak Inovasi

Sebarkan:
  Juru Bicara AMAN Jilid II, Ardiansyah Fauji (Istimewa)
KAMERA TIDORE - Juru Bicara AMAN Jilid II, Ardiansyah Fauji meminta Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim dan Wakilnya Muhammad Sinen, segara melakukan pengawasan dan evaluasi kepada semua OPD untuk meningkatkan penyerapan anggaran dan pendapatan asli daerah (PAD), sebagaimana yang telah ditargetkan dalam APBD.

Itu karena menurut Ardiansyah, akselerasi pembangunan di Kota Tidore agak melambat akibat wabah pandemi Covid19. Pasalnya kata dia, hampir seluruh anggaran menitikberatkan pada penanganan pandemi.

"Kita berada dalam kondisi yang tidak stabil, perekonomian juga tumbuh begitu melambat, efek panjangnya pemerintahan Capt Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen harus menangguhkan program-program prioritas di tahun tahun pertama kepemimpinan yang sudah tertuang dalam dokument RPJMD," ujarnya kepada sejumlah wartawan, Minggu, 4 September 2022.

Lantaran itu, ia berharap Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore tegas dan berani menegur hingga mengevaluasi OPD yang minim inovasi. Kata dia, yang penyerapan anggarannya rendah, juga mesti diberikan punishment alias hukuman.

"Karena dalam situasi keuangan daerah yang sulit seperti sekarang, pemerintah harus dapat menjaga keseimbangan fiskal dengan mempertahankan kemampuan keuangan daerah, itu agar program-program yang sifatnya urgensi dan pro rakyat tidak menemui kendala dalam pelaksanaannya," katanya.

Ia bilang, karena periodesasi yang pendek, maka sangat dibutuhkan OPD yang cepat bersinergi agar ketertinggalan di tahun-tahun awal akibat pandemi bisa terkejar, sehingga diakhir periode nanti mampu menuntaskan seluruh Visi Misi yang telah tertuang dalam RPJMD.

"Pak Walikota harus melakukan evaluasi serius terhadap internal pemerintah daerah, karena hal ini dapat dimaknai lemahnya kinerja birokrasi dalam mengantisipasi turbelensi keuangan daerah dan persoalan-persoalan kerakyatan lainnya," tegas Mantan Anggota DPRD Kota Tidore ini.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini