Luhut Minta Kemendag dan Pemda Maluku Utara Laksanakan Peluncuran Sail Tidore Bulan Depan

Sebarkan:

Pemkot Tidore saat mengikuti rapat tingkat Menteri terkait persiapan Sail Tidore 2022, secara virtual melalui zoom meeting. (Kamera/Aidar)
KAMERA, TIDORE - Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara diminta melaksanakan peluncuran Sail Tidore pada minggu kesatu bulan Oktober 2022.

Permintaan itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI atau Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, saat memimpin rapat tingkat Menteri terkait persiapan Sail Tidore 2022, secara virtual melalui zoom meeting. Rapat juga didikuti oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Selasa 27 September 2022 kemarin.

Menko Marves dalam arahannya mengatakan, bahwa penyelenggaran Sail Tidore itu untuk mendongkrak ekonomi dan peningkatan pendapatan perkapita, selain  itu dimanfaatkan untuk promosi pariwisata Maritim di Tidore. 

"Potensi lanjutan Sail Tidore harus jadi kota target setelah Bunaken dan Raja Ampat, olehnya itu  fasilitas pendukungnya harus diperhatikan, seperti; fasilitas pameran nasional, fasilitas acara puncak, dan pelabuhan. Sehingga pengembangan wisata pasca Sail bisa dilakukan,” ujarnya.

 Menko Marves juga meminta agar Kementerian Perhubungan RI dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemda menyediakan akodomosi alternatif kapal pelni dengan fasilitas  live on board, serta penambahan jadwal penerbangan.

“Karena pada 24 - 29 November harus sudah oke. Selain itu, Kementerian PUPR bersama Pemda juga harus memastikan ketersediaan infrastruktur rangkaian kegiatan Sail Tidore dengan optimal,” pintanya. 

"Pemda harus ambil bagian dalam kegiatan ini, kesiapan-kesiapan dari TNI AL juga harus libatkan peran swasta. Kemendag RI tolong arahkan Pemprov dan Pemda, Pakai aggaran Pemprov dan Pemda jika masih terdapat kekurangan nanti dibantu oleh Pempus, instruksi ke daerah, apa yang sudah dibuat Pempus dijaga oleh Pemprov dan Pemda. Nanti diadakan Rapat lanjutan sebelum tanggal 24 November 2022," sambungnya. 

Sementara itu, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim dalam rapat itu mengaku bahwa Pemerintah dan masyarakat Kota Tidore Kepulauan telah siap menyambut perhelatan Sail Tidore 2022.  Karena itu ia meminta dukungan kepada Kementerian terkait yang masuk dalam Panitia Pusat Sail Tidore 2022.

"Kami, Pemerintah dan Masyarakat Kota Tidore Kepulauan sangat siap menyambut perhelatan Sail Tidore 2022, kami memohon dukungan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, juga kepada kementerian terkait yang masuk dalam Panitia Pusat Sail Tidore 2022," ucap Ali Ibrahim. 

Dalam rapat tingkat menteri ini, terpantau kesiapan sudah mulai rampung dari masing-masing Kementerian yang masuk dalam bidang-bidang kepanitiaan Sail Tidore 2022. Rapat lanjutan sebagai final dari rencana pelaksanaan Sail Tidore akan dilakukan menjelang tanggal 24 November 2022.

Turut hadir mengikuti rapat ini, Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, Para Staf Ahli dan Asisten Sekda, serta Pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

 

==== 

Penulis : Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini