Kesiapan Menuju Sail Tidore 2022 Semakin Mantap

Sebarkan:
Rapat Koordinasi dalam rangka menindaklanjuti progress persiapan Sail Tidore 2022. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Direktur Jenderal Bangda Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dr. Teguh Setyabudi selaku panitia pusat, bersama Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim memimpin Rapat Koordinasi dalam rangka menindaklanjuti progress persiapan Sail Tidore 2022, yang berlangsung di Aula Sultan Nuku, Kantor Wali Kota, Selasa 8 November 2022.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh, Puspitra Kementerian Perdagangan, Fajarini Puntodewi, Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenkomarves, Kosmas Harefa, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir, Danrem 152/Baabullah, dan Wakapolda Maluku Utara, serta Kementerian/Lembaga terkait yang tergabung dalam Panitia Pusat Sail Tidore 2022.

Dalam rapat koordinasi ini, Direktur Jenderal Bangda Kemendagri Dr. Teguh Setyabudi melakukan follow up pada masing-masing bidang dari kementerian atau lembaga terkait yang tergabung dalam kepanitiaan Sail Tidore 2022, masing-masing bidang telah memiliki progress persiapan diantaranya:

Bidang acara puncak dari Kemendagri, telah menyiapkan Rundown Acara Puncak mulai dari susunan acara, laporan dan sambutan hingga rangkaian acara berbagai peresmian dan penanaman mangrove, juga telah melakukan Koordinasi tamu/delegasi yang akan hadir dalam acara puncak Sail Tidore (VVIP dan Non VVIP).

Tamu undangan sebanyak 1.100 orang, 350 VVIP dan VIP terdiri dari 250 Kementerian/Lembaga Dubes, dan 100 Pemprov/Pemkot. Tamu lainnya dari Pusat sebanyak 450 orang. Selain itu, pada acara Puncak, juga ada berbagai acara yaitu, Sinergi Kemaritiman dan Festival perahu tradisional.

Bidang International Yacht Rally dari Kemenparekraf akan mengadakan festival perahu tradisional, diikuti oleh 50 kapal nelayan berukuran 5 GT dengan mengusung tema historical Tidore, juga ada sinergi kemaritiman dari TNI AL yaitu atraksi Sailing Pass. Selain itu, Kemenparekraf juga berpartisipasi pada pameran UMKM.
Bidang Seni, Budaya, dan Olahraga Bahari dari Kemendes PDTT telah menyiapkan, Pentas seni budaya pada panggung hiburan, Pemutaran film, lomba photo under water, Tari Kolosal 250 orang, dan tambahan senam SKJ Pelajar yang akan digelar mulai dari tanggal 24-29 November 2022.

Bidang Pameran atau Sail Tidore Expo telah disiapkan oleh Kementerian Perdagangan, baik Pameran Nasional maupun Pameran Daerah. Sementara Kementerian Luar Negeri akan handle Diplomatic Tour. Dan untuk Bidang CSR, Aktivitas Sosial telah ditangani oleh Kemen BUMN, Kemen ESDM.

Untuk promosi, publikasi dan dokumentasi dibawah tanggungjawab dan koordinasi dari Kominfo, sementara Perlengkapan, Akomodasi, dan Fasilitas Umum akan ditanggung bersama, diantaranya, Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Kota Ternate dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan serta PT. Pelni yaitu akomodasi hotel terapung.

Bidang Pengamanan oleh TNI/POLRI, untuk Pengamanan Presiden Korem dan Polda Malut akan menurunkan 1000-1200 personel, dan Pengamanan tanpa Presiden menurunkan jumlah personel sebanyak 350, selain itu Basarnas juga telah menyiapkan 1 helikopter dan 2 unit Kapal rescue untuk langkah antisipasi.

Rapat koordinasi yang berlangsung selama 3 jam ini telah tergambar jelas, kesiapan menuju Sail Tidore 2022 mulai rampung, sama halnya dengan beberapa bidang diatas, bidang yang lainnya juga telah siap, hingga jelang persiapan kehadiran Presiden RI, akan digelar gladi kotor dan gladi resik untuk semua bidang, diselesaikan tanggal 24 November 2022, sehingga pada situasi H-1 sudah steril.*

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini