Cuaca Buruk, Nelayan Halut Diimbau Tidak Melaut

Sebarkan:
Ilustrasi cuaca buruk di perairan Halmahera Utara. (Istimewa)
KAMERA TOBELO - Cuaca eksrim untuk wilayah Maluku Utara selama tiga hari kedepan membuat para nelayan di Tobelo Halmahera Utara diimbau agar tidak melakukan aktivitas melaut.

Hal itu disebabkan cuaca beberapa hari terakhir cukup ekstrim.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halut Abner Manery mengatakan, menindaklanjuti rilis cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun I Sultan Babullah Ternate per 11 Januari 2023 tentang peringatan dini cuaca di wilayah Maluku Utara beberapa hari kedepan yang berpotensi kecepatan angin sehingga berdampak pada gelombang tinggi.

"Maka dari itu, kami selaku Pemerintah  mengimbau agar masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai atau lokasi rawan banjir tetap waspada, dan untuk para nelayan agar selama 3 hari kedepan jangan dulu melakukan aktivitas melaut," ujar Abner. Rabu, 11 Januari 2023.
Surat imbauan
Sebagai bentuk mitigasi terhadap bencana yang dapat muncul kapan saja, kata Abner, masyarakat selalu dapat memperhatikan dan mengawasi anak-anak untuk tidak beraktifitas di pesisir pantai.

"Itu tujuannya agar hal yang tidak kita inginkan tidak akan terjadi," kata Abner.

Pihaknya menambahkan agar masyarakat selalu dapat berkoordinasi dengan pihak keamanan serta pemerintah tentang situasi kondisi wilayah.

"Kami harap agar masyarakat selalu berkoordinasi, baik di kepala desa, RT/RW, pihak kemanan serta pemerintah terkait dengan kondisi lingkungan yang ada," tandasnya.

====
Penulis : Rustam Gawa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini