Buka Sosialisasi Kebijakan Katalog Elektronik, Begini Harapan Walikota Tidore

Sebarkan:
Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim saat membuka Sosialisasi Kebijakan Katalog Elektronik dan Bimtek Pencantuman Barang/Jasa pada katalog elektronik Lokal Kota Tidore. (Kamera/Aidar)
TIDORE TIDORE - Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim membuka dengan resmi Sosialisasi Kebijakan Katalog Elektronik dan Bimbingan Teknis atau Bimtek Pencantuman Barang/Jasa pada katalog elektronik Lokal Kota Tidore.

Kagiatan itu berlangsung di Aula Nuku Kantor Walikota Tidore, Selasa, 7 Maret 2023

Capt, H.Ali Ibrahim dalam sambutanya mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) sangat  mengapresiasi Katalog Elektronik yang saat ini dibangun dan dikembangkan oleh LKPP. Itu karena dapat menjawab tantangan layanan pemerintahan di era digital saat ini, dimana masyarakat membutuhkan pelayanan yang cepat, mudah dan transparan.


Ia bilang, dengan kehadiran Katalog Elektronik Lokal Kota Tidore Kepulauan yang dibuat oleh LKPP saat ini tersedia 20 Etalase. Menurutnya itu sudah mampu menggairahkan dan menciptakan geliat dan kompetisi diantara pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Koperasi Menengah (UMKM) untuk berpartisipasi sebagai penyedia yang mensuplay barang/jasa yang dibutuhkan Pemerintah Daerah.

“sehingga dengan adanya Katalog Lokal ini, saya telah mengeluarkan Instruksi Walikota pada bulan Desember 2022 lalu yang mewajibkan SKPD melakukan belanja secara E-Purchasing untuk barang/jasa yang telah tersedia pada 2 Etalase yakni Etalase Makanan dan Minuman dan Etalase Alat Tulis Kantor, karena Instruksi ini selain menjalankan amanah regulasi pengadaan, juga menjadi ajang pembelajaran bagi SKPD untuk mengenal lebih dalam tentang E-Katalog dan terbiasa melakukan belanja di E-Katalog, dengan harapan kedepan kewajiban belanja E-Katalog terus dikembangkan untuk barang/jasa yang ada di Etalase-Etalase lain yang telah tersedia," jelasnya.

Karena itu, Walikota dua periode ini berharap  para pimpinan OPD maupun peserta bimtek agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan  serius.

"Saya harap kegiatan ini nantinya dapat memberikan terbaik kedepan untuk kota Tidore terutama dalam proses pembelanjaan melalui e-katalog lokal itu sendiri," harap Ali.


Sementara itu, Kepala Bagian Barang/Jasa Setda Kota Tidore Kepulauan Wahid Saraha mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan atas penentuan dari LKPP bahwa Kota Tidore sebagai tempat pelaksanaan sosialisasi dan bimtek pengelolaan katalog lokal yang wajib diikuti oleh pimpinan OPD, Kecamatan, Kelurahan dan staf yang mengurusi e-katalog di seluruh instansi Pemerintah Kota Tidore.

"Itu agar kita sama-sama belajar bagaiman caranya menginput produk e-katalog dan bagaimana cara belanja pada e-katalog, kami juga berharap kepada pimpinan OPD agar dapat mengikuti sosialisasi kebijakan katalog ini sehingga kita dapat memiliki pemahaman bersama berkaitan dengan dengan katalog lokal tersebut," katanya.

Kegiatan sosialisasi dan bimtek ini menghadirkan narasumber dari Analis Kebijakan Muda dan Wakil ketua Tim Pengelolaan Katalog Sektoral Febrita Sidabalok.*

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini