Tongkang Bermuatan Feronikel 4 Ribu Ton Tenggelam di Laut Obi, Satu Kru Kapal Hilang

Sebarkan:
Ilustrasi tongkang tenggelam di laut Obi. (Istimewa)
KAMERA LABUHA - Tongkang bermuatan feronikel Empat Ribu Ton tenggelam di laut Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Kejadian ini berlangsung di dermaga PT. Wanatiara Persada, salah perusahaan Nikel di wilayah setempat pada Sabtu, 8 April 2023 sekitar pukul 19:50 WIT.

Insiden ini juga menyebabkan 1 kru kapal Tongkang tersebut ikut tenggelam dan belum ditemukan. Korban atas nama Nur Ilham Syah (23 Tahun) itu masih dalam pencariaan Basarnas.

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman, melalui siaran persnya menceritakan kronologis insiden tersebut.

Ia balang sesuai laporan yang diterima bahwa pada 08 April 2023 pukul 19.50 WIT, Safety dari PT. Wanatiara Persada memerintahkan kepada kru Kapal Tugboat Pacifik 19 untuk melepaskan tali pengait Tongkang yang bermuatan 4.000 Ton itu, lantaran tongkang tersebut hendak dipindahkan.

"Kemudian ketiga kru Kapal Tugboat yakni Eko Pradana, Hardi Pramana Putra dan Ilham berada di tongkang sebelah bermuatan Batu Bara, saat melepaskan tali pengait tongkang yang bermuatan feronikel itu mengalami kebocoran di bagian depan sehinggah muatan feronikel sebanyak 4.000 Ton tercebur semua kedalam laut," katanya.

Karena posisi tongkat bagian belakang terangkat, kata Fathur, ketiga kru kapal Tugboat yang berada di tongkang sebelanya itu ikut terjatuh kedalam laut.

"Karena benturan dari tongkang yang bocor. Dua orang korban berhasil menyelamatkan diri dengan berenang naik ke kapal sementara satu orang lainnya hilang dan dalam pencarian," tandasnya.*

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Irawan A. Lila
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini