Polres Halut Gelar Operasi Patuh Kieraha 2023 Selama 14 Hari

Sebarkan:
Kapolres Halut AKBP Moh. Zulfikar Iskandar, S.I.K., saat memasangkan pita Operasi Patuh Kieraha 2023. (Kamera/ HMS).
KAMERA TOBELO - Kepolisian Resor, (Polres) Halmahera Utara, Maluku Utara, menggelar apel operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Patuh Kieraha 2023.

Apel tersebut berlangsung dilapangan apel Mapolres Halut pukul 09:00 WIT. Senin, 10 Juli 2023.

Dihadiri, Waka Polres Halut Kompol Andreas Adi Febriyanto, S.I.K, Dandim 1508 Tobelo diwakili Pasi Ops Kapten Kav. Bayu Septriananda, mewakili Dansatgas Wadan Pos Kout Serma Harianto,Wadanki Brimob Kupa-Kupa Ipda Bernad Ardolop Lamau.

Kemudian, para Kabag dan Kasat Polres Halut, Kepala Dinas Perhubungan Halut M Asri Tapi-tapi SE MMA, dan Kasat Pol - PPHalut Muh. Kacoa, S.Pdi.

Sementara peserta apel diikuti 1 pleton Sat Sabhara, 1 pleton Sat Pol Air, 1 pleton Sat Lantas, 1 pleton gabungan Staf, 1 pleton, gabungan Sat Intelkam dan Sat Reskrim, 1 regu Kodim 1508 Tobelo 1 regu Kompi C 732 Banau, 1 regu Sat Brimob, 1 Regu, Satpol PP, 1 regu Dishub Halut.

Kapolres Halut AKBP Moh. Zulfikar Iskandar, S.I.K., bertindak selaku inspektur upacara menyampaikan, Operasi patuh tahun 2023 digelar secara serentak diseluruh indonesia selama 14 hari terhitung mulai tanggal 10 Juli 2023 sampai 23 Juli 2023.

Lanjut Zulfikar, di wilayah Maluku Utara, dengan sandi operasi "Patuh Kieraha 2023" Operasi ini bersifat cipta kondisi kamseltibcarlantas yang kondusif pasca hari Bhayangkara tahun 2023 dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib, patuh dan disiplin dalam berlalu lintas. 

"Operasi patuh ini merupakan operasi kepolisian di bidang lalu lintas yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahun dan sesuai tema operasi tahun ini adalah "Patuh dan tertib berlalu lintas cermin moralitas bangsa" tema tersebut memiliki makna bahwa salah satu ukuran kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari tingkat kepatuhan dan tertib berlalu lintas," ujarnya. Senin, 10 Juli 2023.

Dirinya juga menjelaskan, dalam operasi patuh kali ini, empat sasaran yang menjadi target operasi dari korlantas polri, pertama berkurangnya jumlah kecelakaan lalu lintas beserta korban fatalitas, kedua berkurang angka pelanggaran lalu lintas, ketiga meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, dan keempat terwujudnya situasi kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan kondusif. 

"Operasi Patuh Kieraha 2023 ini lebih mengedepankan tindakan preventif dengan cara edukasi, sosialisasi atau himbauan melalui berbagai media agar pengguna jalan sadar dan disiplin dalam berlalu lintas, reventif dalam bentuk turjawali lantas pada lokasi trouble spot dan black spot, represif penegakkan hukum dalam bentuk teguran secara tegas dan simpatik, untuk penindakan pelanggaran lalu lintas dilakukan dengan menggunakan aplikasi etle (electronic traffic law enforcement) statis maupun mobile," pungkasnya.

Zulfikar berujar, tentunya untuk mencapai hasil operasi yang maksimal, membutuhkan koordinasi dan peran serta seluruh instansi terkait forum komunikasi lalu lintas secara terpadu bersinergi mengatasi hambatan dan permasalahan yang ada di lapangan sehingga situasi kamseltibcarlantas tetap kondusif dan terjaga di tahun politik ini dan juga menjelang perayaan hari kemerdekaan republik indonesia. 

"Saya tekankan kembali, kepada seluruh jajaran pelaksana operasi agar, niatkan segala upaya yang dilaksanakan dalam operasi ini menjadi amal ibadah yang diridhoi oleh Allah SWT. Tuhan YME, jaga sikap dan nama baik institusi Polri sehingga tidak mencederai tujuan dari operasi, lakukan tugas operasi ini secara normatif, prosedural dan menjunjung tinggi etika kepolisian, A4, jalin koordinasi dan tingkatkan sinergitas lintas sektoral sehingga setiap hambatan dalam pelaksanaan tugas dapat diatasi secara terpadu," terangnya.

Mengakhiri sambutannya, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan instansi terkait yang telah meluangkan waktu berkenan hadir memenuhi undangan dalam suasana kebersamaan.

"Saya ucapkan selamat melaksanakan tugas operasi kepolisian patuh kie raha 2023. Semoga tuhan yang maha esa selalu memberikan bimbingan, kekuatan serta petunjuk kepada kita semua, agar kita dapat melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara dengan baik, aman dan lancar." tandasnya.*

====
Penulis : Rustam Gawa.
Editor    : Rustam Gawa.
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini