Tekan Inflasi, Dinas Ketpang Ternate bakal Gelar Gerakan Pangan Murah

Sebarkan:
Plt Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate, Muhamad  Hartono,. (Istimewa)
KAMERA TERNATE - Dinas Ketahanan  Pangan atau Ketpang Kota Ternate, Maluku Utara, bakal menggelar kembali gerakan pangan murah tahun baru dan natal. Ini dilakukan untuk menjaga kestabilan inflasi.

"Kita akan berkolaborasi dengan TPID  Kota Ternate untuk menekan angka inflasi  dibawa 4 persen," ujar Plt Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate, Muhamad  Hartono, Selasa , 4 Juli 2023.

Selain gerakan pangan murah, kata dia, juga dibarengi dengan pelayanan sim keliling, pembuatan sim, sunatan masalah, pameran produk UMKM, penukaran uang, dan advokasi pembuatan izin berusaha bagi UMKM.

"Nah, ini nanti  kita  buat  secara terpadu dengan melibatkan seluruh setekholder  yang tergabung atau masuk dalam TPID  untuk kita  sama-sama membuat gerakan pangan  murah plus-plus agar lebih  menyemarakkan dalam menyambut tahun baru dan natal nanti,"  kata Muhamad.

Hal itu dilakukan menurutnya, agar mengendalikan atau minimal menurunkan laju  inflasi di Kota Ternate. "Supaya stok    pangan bisa diperoleh oleh masyarakat, maka dengan demikian  bisa mengatasi   terhadap  lajunyn inflasi tersebut.

"Jadi  langkah satu-satunya adalah  melakukan gerakan  pangan murah pada  bulan Desember karena memang setiap   hari-hari besar  terjadi lonjakan harga. Kenapa itu  terjadi sebab suplay dan   demand itu tidak berimbang,"  ujarnya.

"Artinya kebutuhan banyak stok pangan terbatas makanya terjadi lonjakan harga. Untuk menekan hal itu ketersediaan stok   pangan kita harus pastikan dan harus benar-benar menjaga supaya
tetap tersedia,"  ucpanya.

"Ini untuk menyediakan stok tersebut  dan menjaga harga terjangkau harus dilakukan pangan murah," sambungnya.

====
Penulis : Mulyadi Ismail
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini