Gelar Sosialisasi, Panswaslu Kecamatan Batang Dua Ajak Masyarakat Kawal Pemilu

Sebarkan:
Panwaslu Kecamatan Pulau Batang Dua saat gelar sosialisasi. (Istimewa).
KAMERA TERNATE - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pulau Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara gelar sosialisasi partisipatif pemilu pada masa kampanye berlangsung di Gedung Kantor Kecamatan Pulau Batang Dua. 

Diusung tema "Anti Politik Uang, Sara dan Ujaran Kebencian atau Hoax Pada Masa Kampanye Pemilu 2024."

Pada kesempatan itu turut hadir tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat serta para pemerhati pemilu 2024.

Dihadirkan 3 narasumber yakni, Ketua PPK Kecamatan Pulau Batang Dua Regen Salu, Eks Ketua Panwaslu Pulau Batang Dua Yunus Salu dan Ketua KNPI Kecamatan Pulau Batang Dua Edwin Pama.

Ketua Panwaslu Yerik Agama menekankan bahwa perlu langkah-langkah strategis untuk pencegahan meminimalisir terjadinya pelanggaran pemilu mendatang. Masyarakat harus proaktif mengawal praktik-praktik yang tidak sehat seperti money politik serta kampanye hitam.

"Sebagai pemilih yang cerdas, saya menghimbau agar masyarakat terlibat aktif berpartisipasi mengawal praktik-praktik politik transaksional dan kampanye hitam," ujarnya. Sabtu, 18 November 2023.

"Ujaran kebencian dan hoax pada pemilu 2024 adalah racun demokrasi, yang perlu dihindari," sambung Yerik.

Sementara, Ketua KNPI Edwin Pama menjelaskan tokoh agama memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan pemilu serentak tahun 2024

"Pemilu serentak akan menjadi tantangan berat bagi penyelenggara pemilu untuk menjaga pemilu berkualitas," kata Edwin.

Terpisah, Ketua PPK Regen Salu mengatakan menjelang momentum pemilihan umum (Pemilu) 2024 atau pesta demokrasi mari sama-sama turut berpatisipasi aktif menolak money politik, politisasi SARA dan ujaran kebencian serta Hoax. Kata dia, karena hal tersebut dapat merusak sistem demokrasi dan dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

"Maka dari itu keterlibatan tokoh agama dan tokoh masyarakat jangan bosan-bosan untuk mensosialisasikan agar masyarakat bisa paham." tandasnya.

====
Penulis : Arfles Rajalahu.
Editor    : Rustam Gawa.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini