Siaga Pengamanan Idul Fitri 2024, Polresta Tidore Gelar Rakor Lintas Sektor

Sebarkan:
Rakor lintas sektor. (Foto: Dar)
TIDORE - Polresta Kota Tidore menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral untuk kesiapan pengamanan Idul Fitri 1445 H tahun 2024. Kegiatan tersebut berpusat di Aula Rupatama Polresta Tidore, Kamis, 28 Maret 2024.

Kapolresta Tidore Kombes Pol. Yuri Nurhidayat dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa melalui rapat ini, dibahas persiapan pengamanan Idul Fitri bersama stakeholder untuk menyatukan presepsi mengantisipasi potensi gangguan, guna menyukseskan pengamanan Idul Fitri.

Kata dia, Polresta Tidore telah menyiapkan 7 Pos Pelayanan Pengamanan Idul Fitri, yang terletak mulai dari Pos Pelayanan Pelabuhan Trikora, Pos Pam Pelabuhan Rum, Pos Pam Pelabuhan Speed Sofifi, Pos Pam Pelabuhan Very Galala, Pos Pam Kusu, Pos Pelayanan Pelabuhan Loleo, dan Pos Pam Payahe (Polsek Oba), sebagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama perayaan Idul Fitri.

Beberapa poin penting yang disampaikan dalam rapat tersebut antara lain adalah pentingnya menjaga ketenangan dan khusuk umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, menjaga persediaan pangan dan stabilitas harga bahan pokok, serta memastikan kesiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan masyarakat saat mudik.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Tidore Ibrahim Muhammad dalam kesempatan yang sama  menyampaikan kesiapan tempat sholat idul fitri di beberapa kecamatan di Daratan Oba dan Tidore, serta koordinasi dengan pihak Pemda terkait pawai.

Kesempatan yang sama Ketua MUI Kota Tidore, Ustad Saleh Yasin, mengimbau umat Islam untuk tetap mengedepankan prinsip saling menghargai, toleransi, dan ukhuwah Islamiyah dalam menyikapi perbedaan penetapan perayaan Idul Fitri.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Tikep telah memastikan kesiapan posko-posko kesehatan untuk menghadapi arus mudik, balik, dan perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Dishub Kota Tikep juga sedang melakukan survei pergerakan orang selama Idul Fitri 2024 M / 1445 H untuk memberikan pelayanan transportasi yang aman dan selamat.

BPBD Kota Tikep siap mendukung dan mengamankan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, dengan fokus pada penanggulangan bencana banjir, tanah longsor, cuaca ekstrem, dan kebakaran.

Dalam kesempatan ini, PLN Kel. Sofifi Kecamatan. Oba Utara juga menyampaikan kesiapan infrastruktur listrik yang siap aktif 24 jam selama perayaan Idul Fitri, serta back up beberapa genset yang dibutuhkan.

Rutan Soasio juga menekankan pentingnya pembentukan tim dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan selama Ramadan, malam takbiran, salat Idul Fitri, dan kunjungan keluarga pada hari raya.

Penyampaian dari Kasatpol PP Yusup Tamnge yang mewakili Walikota Tidore menekankan tanggung jawab bersama stakeholder dalam mempersiapkan dan merencanakan pengamanan Idul Fitri di wilayah Kota Tikep.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat memastikan pengamanan Idul Fitri berjalan dengan baik, aman, dan nyaman bagi seluruh masyarakat Kota Tikep.*

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini