Dandim 1508/Tobelo Pimpin Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila

Sebarkan:
Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Makodim 1508/Tobelo. (Kamera/Rustam)
KAMERA, HALUT - Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila oleh Kodim 1508/Tobelo berjalan lancar, Sabtu, 1 Oktober 20221.

Upacara ini berlangsung di lapangan Kodim 1508/Tobelo Jalan Kawasan Pemerintahan Desa MKCM, Kecamatam Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara.

Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait dalam upacara itu bertindak sebagai inspektur. Sementara Perwira upacaranya adalah Kapten Inf Rehan Pramasputra, sedangkan Kapten Inf Abd Hadji Talaohu bertindak sebagai Komandan upacara.

"Upacara ini sebagai perwujudan selaku anak bangsa yang menyadari bahwa pada tahun 1965 silam terjadi peristiwa nasional di mana ada upaya-upaya untuk mengubah ideologi Pancasila," ujar Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait saat usai upacara.

Ia bilang, Pancasila merupakan ideologi final bangsa Indonesia yang tak bisa ditawar-tawar, apalagi terpisah dari bangsa Indonesia.

"Karena itu saya berharap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, seperti kerja keras maupun gotong royong, dapat diterapkan masyarakat," harapnya.

Kepada kaum muda, Letkol Inf Davit juga berpesan agar tetap menjaga, menerapkan, dan tidak meragukan ideologi Pancasila sebagai ideologi negara.

"Kultur Indonesia itu santun, toleransi, agamais. Karena itu saya harap kalangan muda tidak dapat dengan mudah terpengaruh sehingga kultur yang telah baik itu tidak terkikis. Kalangan muda harus tetap menanamkan karakter Pancasila," tandasnya.

Turut hadir dalam upacara, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Rusmin Nuryadin, para Perwira Staf Dim 1508/Tbl, Dan Unit Intel Dim 1508/Tbl Letda Inf Suharno, personel Ba/Ta Makodim 1508/Tobelo serta Koramil jajaran.*

====
Penulis : Rustam Gawa
Editor    : Rusgam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini