Telusuri Naska Kuno, Sekda Bangka Belitung Dr. Naziarto Berkunjung Ke Tidore

Sebarkan:
KAMERA TIDORE - Sekretaris Daerah Provinsi Bangka Belitung Dr. Drs. Naziarto bersama bersama Bunda literasi Bangka Belitung Ny. Sri Rahayu Mulyadan berkunjung ke Kota Tidore Kepulauan, Jumat 28 Oktober 2022.

Kunjungan orang nomor tiga di Provinsi Bangka Belitung bersama rombongan ini disambut baik oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt, H.Ali Ibrahim didampingi Bunda Literasi Kota Tidore Kepulauan Ny. Safia Ali Ibrahim. Pertemuanpun berlangsung di ruang rapat Wali Kota Tidore.

Kunjungan itu diketahui dalam rangka pelestarian koleksi nasional serta penelusuran naskah kuno di Kota Tidore,
sebagai bagian dari warisan budaya bangsa.

Di kesempatan tersebut, Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim membeberkan situs-siru sejarah yang ada di kota Tidore, seperti Benteng peninggalan bangsa Spanyol dan Portugis, antara lain Benteng Tore dan Benteng Tahula. Selain itu, kata dia, Kota Tidore juga memeliki Museum Sonyinge Malige yang berisi benda-benda bersejarah.

"Kami juga memiliki beberapa manuskrip Tidore yang merupakan naskah tulisan tangan yang masih sangat dijaga dan disimpan dengan baik secara turun temurun oleh keturunan di Kesultanan Tidore, dan baru-baru ini Tim Ahli Media dan Bahan Peerpustakaan Nasional datang untuk melakukan reservasi Naskah Kuno atau Manuskrip tua, dan berhasil merevisi 13 naskah yang berasal dari Marga Jawa Turu dan Marga Jawa Konora,” katanya.
Ali Ibrahim menambahkan, di Kesultanan Tidore juga masih terdapat satu manuskrip yaitu Al-qur’an tulisan tangan oleh Kadhi Mansyur tahun 1657 pada masa pemerintahan Sultan Syaifuddin Sjah atau Jou Kota. Namun naskah ini belum direvisi oleh tim.

Wali Kota dua periode ini juga mengatakan, saat ini Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepualuan masih terus membangun tatanan Pemerintah dengan Visi Terwujudnya Masyarakat Sejahtera Menuju Tidore Jang Foloi.

“Dimana dalam visi tersebut kami berusaha dengan optimal mengembangkan nilai sejarah dan nilai budaya, pun dari segi bahari juga karena kami sadari bahwa Kota Tidore Kepulauan ini memiliki kekayaan bahari,” ucapnya.

Tak lupa,  Wali Kota juga memberitahukan bawa Kota Tidore Kepulauan sebentar lagi bakal menggelar Sail Tidore yang sudah dilaunching pada 11 Oktober lalu. Dan bakal digelar tepatnya pada tanggal 24 sampai 29 November mendatang

“Sehingga Kami mohon doa agar Sail Tidore 2022 berjalan lancar. Apabila bapak bersama rombongan memiliki kesempatan maka bersedialah mengunjungi Kota Tidore Kepulauan pada saat Sail Tidore nanti,” pintanya

Ali Ibrahim juga berharap, dengan kunjungan kerja dari Pemerintah Propinsi Bangka Belitung ini dapat memberi makna yang dalam daninspirasi sekaligus membuka kesempatan kerjasama diantara Pemerintah Daerah di masa-masa mendatang.

Sementara, Sekretaris Daerah Provinsi Bangka Belitung Dr. Drs. Naziarto mengatakan, kunjungan ini merupakan silaturahmi serta menelusuri naskah-naskah kuno yang ada di Maluku Utara salah satunya Kota Tidore. Itu dalam konteks mengukir serta mengangkat kembali sejarah-sejarah yang ada sebagai memori warisan bangsa.

“Banyak naskah di Kota Tidore dan Ternate yang berkaitan dengan Bangka belitung, sebab itu kami mencoba mengumpulkan semua sebagai tuntutan untuk dijadikan memori kolektifitas daerah sebagai memori kolektifitas bangsa," ujar Naziarto.
“Dengan aspek-aspek yang ada tersebut, insya Allah kami akan mengusulkan hubungan antara Bangka Belitung dan Maluku Utara menjadi sebuah buku guna memperkaya masalah budaya nasional dan sejarah nasional yang diangkat dari daerah,” tambah Naziarto

Naziarto juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tidore yang menerima audiens tentang sejarah.

“Kami bangga dan senang dapat berkunjung ke Kota Tidore yang disambut sangat baik disini, semoga ini juga menjadi awal yang baik bagi kami untuk terus bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tidore,” harap Naziarto.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini