Bupati Halsel Lantik Kandidat Kalah, Warga Lalubi "Mengamuk"

Sebarkan:
Warga Lalubi saat aksi demostrasi di depan kantor desa. (Kamera/Arfles)
KAMERA HALSEL – Ratusan warga Desa Lalubi, Kecamatan Gane Timur, Halmahera Selatan (Halsel) aksi penolakan pelantikan Kellyon Hulahi sebagai Kepala Desa (Kades).

Pasalanya Kades yang dilantik Bupati Usman Sidik itu adalah kandidat yang kalah dalam pemilihan Kepala Desa atau Pilkades.

"Aksi ini merupakan bentuk kekecewaan
dan penolakan atas hasil sengketa Pilkades di desa Lalubi. Karena nyatanya dalam hasil sengketa Pilkades yang kalah dimenangkan. Sementara pemenangnya adalah Roland Korompis unggul suara 275. Namun yang dilantik Bupati adalah saudara Kellyon Hulahi yang hanya 228 suara," ujar Nokiskar Samuel Hulahi salah satu pemuda desa setempat, saat dihubungi, Kamis,12 Januari 2023

Aksi ini berpusat di depan Kantor Desa Lalubi.

“Kami berharap bahwa yang harus dilantik sebagai kepala Desa Lalubi itu saudara Roland Korompis bukan Kellyon Hulahi,” tegas Okis sapaan akrabnya Nokiskar Samuel.

Vespasianus Popoko, warga setempat menambahkan, pelantikan kandidat yang kalah tersebut sangat mengecewakan masyarakat. Selain itu kata dia, mencederai nilai-nilai demokrasi serta tidak menghargai hak suara masyarakat.

"Kita sebagai masyarakat kecewa dengan keputusan tim dalam penyelesaian hasil sengketa Pilkades, Kellyon Hulahi yang kalah waktu pemilihan di Desa Lalubi. Namun, dia dilantik ini kan mencederai nilai-nilai demokrasi dan tidak menghargai hak suara dari masyarakat, tandsasnya.

"Maka kita meminta kepada Pemda Halsel yang harus di lantik adalah saudara roland Korompis sebagai kepala desa lalubi," sambungnya.

====
Penulis : Arfles Rajalahu
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini