PMM2 dan Masyarakat Gurabunga Tidore Gelar Kegiatan 'Kontribusi Sosial'

Sebarkan:
KAMERA TIDORE - Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM2) berkolaborasi dengan masyarakat Gurabunga menggelar kegiatan Kontribusi Sosial yang menjadi program PMM2.

Kegiatan ini berpusat di Kelurahan Gurabunga, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari atau Sabtu-Minggu, 14 Januari 2022.

Dalam kegiatan ini PMM2 juga menggandeng Sanggar Seni Rau Gabi Gurabunga, dengan kegiatan utamanya pemasangan papan nama di enam rumah adat, dan papan bingkai sejarah rumah adat. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Kelompok 6 Modul Nusantara Unkhair dibawa bimbingan dosen Dr. Sultan Alwan, S.H.MH.

Dr. Sultan Alwan, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas  penerimaan masyarakat Gurabunga terhadap mahasiswa PMM2 yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia itu.

"Sehingga rangkaian kegiatan selama dua hari dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ujarnya.

"Harapannya mahasiswa PMM2 dapat menambah pemahaman terkait keberagaman dan pluralisme adat budaya di Indonesia khusunya di Gurabunga. selanjutnya  agar Kelurahan Gurabunga dapat bermetamorfosa menjadi Desa Adat," sambungnya.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut nantinya menjadi pemantik awal kerjasama antara pihak universitas Khairun dan Kelurahan Gurabunga, sebagai kolaborasi bersama dalam pengembangan desa wisata dan sejarah di wilayah Tidore sendiri.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Gurabunga Samsul Arifin dalam sambutanya menyampaikan, bahwa kolaborasi tersebut merupakan awal yang baik. Apalagi kata dia, para mahasiswa PMM2 bukan murni dari Maluku Utara semata.

"Belum lagi mereka sangat antusias dalam pembuatan signboard di setiap rumah adatnya. Nantinya semangat ini bisa berdampak positif bagi anak muda disini untuk lebih giat lagi dalam menjaga warisan budaya dan adat di wilayah mereka sendiri," tuturnya.

Perlu diketahui, kegiatan ini dihadiri Pemda kota Tidore Staf Ahli bidang kemasyarakatan dan SDM  Dr. H. Yakub Husain M.SI, Kadis Kebudayaan dan pariwaisata Ade Soleman, Camat Tidore Djaela Jafar, Lurah Gurabunga Samsul Arifin dan Tokoh Adat Haji Abdullah Husain serta Ketua dan pengurus Sanggar Seni Rau Gabi  Kelurahan Gurabunga.*

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini