Pemkab Halut Menerima Penghargaan UHC Award 2023

Sebarkan:
Wakil Bupati Halut Muchlis Tapitapi saat menerima UHC Award 2023 di Jakarta. (Istimewa)
KAMERA TOBELO - Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, menerima penghargaan Universal Health Coverage atau UHC Award 2023 atas cakupan kesehatan di daerah yang sudah mencapai 95 persen.

Penyerahan UHC berlangsung di Balai Sudirman Jakarta. Selasa, 14 Maret 2023.

Hal itu diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy,M.A.P kepada Wakil Bupati Halut Muchlis Tapi Tapi, didampingi oleh Asisten Bidang Administrasi Umum, dr.Devie Bitjoli.

Penyerahan penghargaan UHC Award 2023 dihadiri juga oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Prof Dr (HC) KH Ma’ruf Amin bersama dengan jajaran Kabinet Indonesia Maju dan Kementerian Lembaga.

Komitmen pemerintah setempat terhadap sektor kesehatan ini tidak main-main. Kenapa tidak, hal itu, terbukti setelah  tercatat, sebanyak 95 persen penduduk terdaftar sebagai peserta program jaminan kesehatan nasional (JKN).

Artinya, hampir seluruh masyarakat di Halmahera Utara telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan. Atas capaian itulah, Kabupaten yang di pimpin Frans Manery dan Muchlis Tapi-tapi ini diberikan penghargaan.

Wakil Bupati Halmahera Utara, Muchlis Tapi-Tapi mengatakan, pencapaian luar biasa yang telah diraih dalam program JKN selama ini tidak lepas dari sinergi yang baik antar semua pihak.

"Penghargaan UHC merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah atas pelayanan mutu kesehatan secara konsisten yang diberikan kepada masyarakat dan bentuk apresiasi dari pemerintah yang telah menunjukkan kerja keras serta komitmennya dalam capaian kesejahteraan kesehatan bagi masyarakat yang sudah mencapai JKN minimal 95 persen dari total penduduk yang ada pada suatu daerah," ujarnya.

Dirinya juga menyebutkan, capaian penghargaan UHC tersebut bukan akhir dari segalanya, untuk itu, pihaknya masih memerlukan dukungan semua pihak agar tetap mempertahankan dan meningkatkan jumlah kepesertaan JKN agar masyarakat semakin terlindungi jaminan kesehatan.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga prestasi ini dapat diraih. Semoga UHC Award ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus memberikan yang terbaik bagi daerah ini terlebih dalam kesejahteraan di bidang kesehatan." tandasnya.*

====
Penulis : Rustam Gawa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini