Gegara DID Kabid Sosial Ancam Polisikan Kades Akedotilou

Sebarkan:
Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Dinas Sosial Kota Tidore Kepulauan, Jauhar Jainuddin. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Dinas Sosial Kota Tidore Kepulauan, Jauhar Jainuddin, membantah pernyataan Kepala Desa Akedotilou Ramli Amrin terkait pengurangan kouta penerima Dana Insentif Daerah.

Jauhar Jainuddin pada kegiatan Bantuan DID tersebut bertindak sebagai PPTK.

Menurut Jauhar, penyataan yang disampaikan Kades Akedotilou tersebut tidaklah benar. Bahkan kata dia, Kades Ramli Amrin berusaha mencari pembenaran terkait potongan dana DID di masyarakat.

"Jadi tidak pernah ada koordinasi Kades Akedotilou terkait penambahan kuota DID di Dinas Sosial," ungkap Jauhar saat dihubungi via Whatsapp, Selasa, 25 April 2023.

Ia menyatakan, bahwa Dinas Sosial tidak pernah mengurangi kuota DID di Desa Akedotilou. Meski begitu Jauhar menyebut, terdapat kekeliruan atau kesalahan pada saat penginputan data penerima DID, sehingga dua orang disabilitas yang diusulkan tidak masuk di SK penerima. "Begitu juga dengan satu orang yang tidak masuk warga Desa Akedotilou juga merupakan kesalahan input sehingga anggarannya kami tahan," katanyan

"Jadi saya ulangi tidak benar kalau saya mengurangi kuota. Ini persoalan Kades Akedotilou yang tidak becus karena tidak pernah melakukan pengecekan kembali usulannya di Dinas Sosial. Kades Akedotilou juga berusaha untuk tidak memberikan bantuan kepada 2 orang penerima, setelah dilakukan penekanan baru 2 hari kemudian diberikan," tambahnya

Jauhar, bilang, data penerima DID mutlak menjadi tanggung jawab Dinas Sosial setelah dilakukan verifikasi data dan dipastikan sesuai dengan kriteria dan layak menerima. Karena itu kata dia, kalaupun ada permasalahan disampaikan ke Dinas bukan mencari pembenaran di rana publik.

"Saya mempertegas kembali jangan mencari-cari alasan, terkait potongan. Saya juga akan melaporkan Kades Akedotilou terkait potongan ini ke aparat hukum dan pencemaran nama baik karena potongan yang dilakukan membawa-bawa nama saya sebagai pihak yang memberi perintah," tegasnya.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini