Dinas Koperasi dan UKM Ternate bakal Gelar Worshop Penguatan Koperasi

Sebarkan:
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate, Hadi Haerudin.. (Istimewa)
TERNATE - Dinas Koperasi dan UKM Kota  Ternate, Maluku Utara pada bakal melakukan penguatan kapasitas pada pengurus koperasi di Kota Ternate.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate, Hadi Haerudin kepada media ini di ruang kerjanya, Rabu, 01 November 2023.

Ia mengatakan, penguatan kapasitas ini karena dilihat kondisi yang ada banyak koperasi terbentur berbagai kendala tentang bagaimana mengelola sebuah koperasi tersebut lebih efektif, dan baik.

"Sehingga harapan kita adalah  koperasi mampu memberikan  pelayanan kepada anggota, maka yang paling terpenting ialah persoalan sumber daya yang dimiliki oleh para pengurus koperasi sendiri," ucapnya kepada Kabarhalmahera.com.

Selanjutnya, kemudian penguasaan IT dan juga pembiayaan. Tiga hal ini yang tentu saja akan sangat mendorong koperasi untuk terus tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, diakhir tahun 2023 ini Bidang Pemberdayaan akan laksanakan  kegiatan Workshop atau pelatihan.

"Insha Allah akan dilaksanakan 16 November dengan peserta dari pengurus koperasi yang ada di Kota Ternate sebanyak 25 orang. Dengan peningkatan kompetensi para pengurus koperasi ini dengan harapan mampu memberikan pemahaman tentang bagaimana mengelola sebuah koperasi di masa era transformasi digital saat ini," sebutnya.

"Paling tidak Koperasi-koperasi yang ada di Kota Ternate kita terus dorong untuk betul-betul merubah menset berpikir untuk  lebih profesional maka tentu saja kita harus giring ke koperasi yang berbasis digital. Oleh karena itu, pelatihan yang dilakukan ini kita berharap mampu memberikan pemahaman lebih baik pada pengurus koperasi, sehingga semangat mereka majudengan kemampuan-kemampuan yang tentu saja setiap tahun diberikan penguatan," bebernya.

Selanjutnya, supaya paling tidak mereka lebih profesional atau lebih baik untuk mengelola koperasi sehingga kedepan baik terkait dengan keuangan, manajerial, dan manfaatan IT agar bisa mendapatkan kemudahan kemudahan.

"Terkait dengan pelatihan ini tentu saja kita lebih cenderung berjalan baik dan terpantau dari Kementerian Koperasi. Oleh sebab itu, pemateri kami ambil dari Kementerian Koperasi melalui Bidang Perkoperasian yang akan menyampaikan  tentang persoalan bagaimana memperoleh anggaran atau pembiayaan dalam pengembangan koperasi maka secara teknis kita juga menghadirkan LPDB Pusat," ungkapnya

Narasumber ini mereka akan menyampaikan tentang bagaimana koperasi-koperasi bisa memenuhi syarat-syarat untuk mendapatkan bantuan dana atau pinjaman dari LPDP atau dari pihak lain untuk mendapatkan modal dan sebagainya maka perlu memanfaatkan informasi yang lebih akurat.

"Oleh karena itu, dengan kehadiran narasumber pada pelaksanaan kegiatan nanti diharapkan memberikan penguatan lewat program-program Kementerian atau program tentang pemberdayaan supaya para pengurus koperasi kita juga termotivasi untuk bergerak memperbaiki sistem pengelolaan koperasinya, sehingga kedepan lebih baik," pungkasnya.

====
Penulis: Mulyadi Ismail
Editor   : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini